Bupati Samosir Resmikan Gelaran Festival Gondang Naposo 2022

/

/ Minggu, 17 April 2022 / 18.29 WIB

 

SAMOSIR-PILAREMPAT.COM | Dalam rangka menarik kunjungan wisata ke Samosir, Pemkab Samosir kembali gelar Event Horas Samosir Fiesta 2022, yang dilaunching oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tanggal 22 Maret lalu.


Salah satu rangkaian Event Horas Samosir Fiesta tersebut adalah Festival Godang Naposo yang sedang berlangsung di Pantai Indah Situngkir, Kecamatan Pangururan, Sabtu (16/4/2022).


Festival Godang Naposo akan berlangsung selama dua hari dari 16 s/d 17 April 2022 dengan mengangkat Thema “Ho Do Na Hupillit”


Festival ini bertujuan untuk pelestarian seni dan budaya Batak yang dikemas menjadi Tourism Attraction (daya tarik wisata), meningkatkan perekonomian masyarakat lokal melalui efek multiplier dari pelaksanaan event sekaligus mempromosikan keunggulan pariwisata Samosir.


Ini termasuk event yang unik, karena event ini adalah ajang mencari jodoh melalui tarian Tortor (Take Me Out Batak Version) yang sudah dikenal dalam budaya Batak sejak jaman dahulu.


Festival ini dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom dan akan berlangsung selama 2 hari 16 s/d 17 April, diisi dengan Perlombaan Tortor dari para naposo (muda-mudi), Hiburan rakyat, Stand Up Paddle di Danau Toba oleh SUP TOBA, Vaksinasi, Pemutaran film ‘Anak Danau The Series’ oleh Rumah Karya Indonesia dan Lucky draw.


Dalam laporannya Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Samosir Tetty Naibaho menyampaikan jumlah peserta Festival Gondang Naposo tersebut di ikuti oleh 16 Tim yang berasal dari dalam Kabupaten Samosir dan dari luar Kabupaten Samosir, yakni dari Tapanuli Utara, Humbahas dan Medan. (P4/MT).

Komentar Anda

Berita Terkini