Indosat Menembus Batasan 56 Tahun dengan Karya Nyata untuk Rakyat Indonesia

/

/ Kamis, 30 November 2023 / 23.27 WIB

Sejak berganti nama dari Indosat berubah menjadi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), dua operator seluler Indonesia, Indosat Ooredoo dan Tri akhirnya resmi melakukan penggabungan usaha alias merger terhitung 4 Januari 2022.

Lewat merger tersebut keduanya kini berada dalam satu payung baru bernama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (IOH). Dan menghasilkan operator seluler terbesar kedua di Indonsia, dimana pada akhir 2022 mencapai 102,2 juta pengguna.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan, Indosat memiliki tujuan besar dalam memberdayakan Indonesia.

“Dengan semangat ‘Menembus Batasan’, Indosat akan terus cetak sejarah baru dalam menapaki perjalanan tanpa akhir menuju masa depan digital yang semakin inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia” ujar Vikram.

Perjalanan tanpa akhir Indosat selama 56 tahun dalam memberdayakan Indonesia mencakup pencapaian penting dalam setahun terakhir, seperti keberhasilan Indosat dalam memperluas jaringannya yang telah 100% terintegrasi ke pelosok pedesaan menggunakan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN).

Dalam inisiatif yang selesai sesuai target satu tahun ini, pelanggan Indosat dapat menikmati pengalaman digital yang lebih baik didukung jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32% populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat.

"Kami akan membangkitkan rasa bangga dari masyarakat Indonesia dengan berkontribusi pada pertumbuhan digital dan ekonomi bangsa seraya mempersiapkan Indosat Ooredoo Hutchison untuk menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi paling terpercaya di Asia Tenggara," kata Sinha.


Dalam rentang satu tahun ini saja, karya nyata untuk masyarakat Indonesia dipersembahkan Indosat tidaklah main-main, mulai dari sektor riil untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tentu melalui CSR (Coorporate Social Responsibility) Indosat Ooredoo Hutchison (Literasi Digital, Pemberdayaan Masyarakat, Lingkungan), Produk Indosat Ooredoo Hutchison (IM3,Tri, Indosat HiFi, Indosat Business), Teknologi/Infrastruktur,Transformasi Digital serta Bisnis Kinerja Indosat Ooredoo Hutchison.

Seperti bulan Mei 2023 lalu, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menggelar program KADIN Tech Challenge: Menuju Indonesia Emas 2045. 

Peserta program mendapatkan pelatihan untuk mengembangkan berbagai sistem baik itu berupa database, sistem berbasis web, bahkan berbentuk aplikasi. Program ini diselenggarakan di tiga kota di Indonesia yakni Solo, Makassar dan Medan dan diikuti peserta yang berasal dari pelajar hingga freelancer.

Penyelenggaraan program di Kota Medan dilaksanakan selama dua hari secara tatap muka, yaitu 27-28 Mei 2023. KADIN Tech Challenge ini diikuti oleh lebih dari 300 peserta yang melanjutkan ke level menengah. 


Kemudian, pada bulan Juli 2023, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) kembali luncurkan paket internet untuk mendukung ibadah haji para pelanggan di Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi.

Paket tersebut mencakup internet kuota besar dengan harga terjangkau dikhususkan bagi para jamaah yang akan menunaikan ibadah haji mulai keberangkatan Mei hingga Agustus.  Pelanggan IM3 dan Tri dapat menikmati paket tersebut untuk terus terhubung dengan keluarga tanpa perlu tukar kartu.

Semua kemudahan internet, telepon, dan SMS lengkap tersedia dalam satu kartu dengan jangkauan luas di negara Timur Tengah. Masyarakat umum juga dapat membeli kartu SIM dan menggunakan paket ini. 


Untuk sektor riil, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) Region Sumatera menyalurkan bantuan  berupa mobile Outlet Barokah IM3 kepada warga masyarakat Medan yang kurang mampu khususnya yang berdomisili di sekitar area site Indosat. 

Mobile Outlet Barokah IM3 ini diserahkan dan turut didukung oleh ZIS Indosat dalam rangka upaya perusahaan untuk membantu menggerakkan perekonomian warga masyarakat khususnya dari kalangan kurang mampu. Outlet ini berguna sebagai sumber mata pencaharian tambahan untuk meningkatkan perekonomian dan taraf hidup keluarga.

Di bidang olahraga, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengumumkan kemitraan resmi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada acara PSSI Partner Summit hari ini. Indosat menjadi sponsor resmi Tim Nasional Sepak Bola Indonesia selama satu tahun ke depan, sebagai bagian dari komitmen memberdayakan Indonesia dengan mendukung perkembangan sepak bola tanah air untuk meraih prestasi tertinggi di pentas dunia.

Partner Summit ini diadakan untuk mengumpulkan mitra strategis yang berkomitmen untuk mendukung prestasi sepak bola Indonesia di pentas dunia. PSSI menyampaikan apresiasi tinggi kepada Indosat yang telah menunjukkan konsistensi dan komitmen yang tinggi dalam mendukung sepak bola nasional. Sebelumnya Indosat juga pernah menjadi sponsor penting bagi berbagai tim besar di Liga 1 dan Liga 2 Indonesia.

Untuk menginspirasi anak muda terutama para mahasiswa, di bulan Nopember 2023 ini, Indosat atau IOH, berkolaborasi dengan Narasi menyelenggarakan ajang Festival Film Pendek Save Our Socmed (SOS) 2023. 

Kompetisi pembuatan film pendek ini diadakan dengan tujuan menginspirasi anak muda Indonesia agar bijak dalam menggunakan media sosial sekaligus meningkatkan literasi digital mereka. Festival Film Pendek SOS 2023 ini mengampanyekan anti hate speech dengan tema ‘Bicara Baik di Digital, Hindari Emosi Tanpa Substansi’.

Ini adalah ajang yang dinanti-nantikan kawula muda terutama para mahasiswa di Sumatera Utara (Sumut) dan khususnya Kota Medan ini, sebagai upaya Indosat mendorong transformasi digital bangsa lewat media sosial. 

Terakhir, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mengumumkan kesuksesan kolaborasi dengan Asianet (Lightstorm group company) dan PT MNC Kabel Mediacom (MNC Play) dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia kepada para pelanggan, Senin (27 November 2023).


Langkah strategis ini dilakukan lewat akuisisi pelanggan MNC Play yang merupakan penyedia jasa layanan jaringan berbasis fiber terkemuka di Indonesia. Akuisisi ini menjadi sebuah tonggak penting dalam perjalanan industri telekomunikasi di dalam negeri, termasuk hadirnya Asianet sebagai manajemen jaringan fiber optic. 

Dari sisi teknologi komunikasinya, lewat aksi korporasi ini, Indosat mempercepat langkahnya dalam meningkatkan kapasitasnya pada bisnis Fiber-to-the-home (FTTH) yang beroperasi di bawah brand Indosat HiFi. Melalui kolaborasi ini, Indosat juga menyambut 300 ribu pelanggan fixed-home internet yang bergabung dengan seratus juta pelanggan Indosat lainnya. 

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dengan visinya menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia, terus mempertahankan rekam jejak positif di bidang sumber daya manusia (SDM) dengan kembali meraih HR Asia Awards 2023. Indosat berhasil memenangkan kategori ‘Best Company to Work For’ untuk keempat kalinya secara berturut-turut, dan memenangkan kategori baru di tahun ini, yaitu ‘Digital Transformation Award 2023’. 

Tidak sampai di situ, dengan kinerja yang semakin baik itu pula, lembaga-lembaga lainnya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada IOH. Indosat Ooredoo Hutchison  memborong 7 penghargaan sekaligus dalam ajang 7th PR Indonesia Awards (PRIA) 2022. Salah satunya menyabet penghargaan tertinggi yang diraih Indosat Ooredoo Hutchison yaitu penghargaan platinum di kategori perusahaan swasta.

Selain membawa trofi platinum, Indosat Ooredoo Hutchison meraih trofi emas untuk profil video perusahaan, tiga trofi perak untuk media sosial, program keberlanjutan bisnis IDCamp, dan kampanye #Bi54BangkitBersama, serta trofi perunggu untuk program pengembangan berbasis komunitas SheHacks. Perusahaan juga mendapat predikat sebagai perusahaan terpopuler di media cetak.

Keberhasilan Indosat mengelola dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) pascamerger di awal 2022, Indosat Ooredoo Hutchison meraih penghargaan Gold dalam ajang Stevie International Business Awards (IBA) 2023 pada kategori HR Department of the Year oleh lembaga pemberi penghargaan bisnis terkemuka berskala internasional, Stevie Awards.

Penghargaan yang proses seleksinya melibatkan lebih dari 230 juri profesional dari berbagai profesi di seluruh dunia ini menambah deretan apresiasi internasional terkait pengelolaan sumber daya manusia yang telah diperoleh pada tahun 2023 ini

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) terus mencatatkan kinerja operasional dan keuangannya yang meningkat pascamerger. Membawa semangat Gotong Royong, Indosat memiliki tujuan yang lebih besar yaitu memberdayakan Indonesia.


Atas berbagai inisiatif perusahaan dalam mencapai tujuannya, Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, meraih CEO of the Year di ajang Selular Award 2023.Selain itu, Indosat juga meraih penghargaan untuk kategori Operator of the Year, Best Fiber to the Home Performance, dan Best Gaming Operator.

“Saya senang dapat menerima penghargaan ini. Momentum ini adalah wujud dari kerja keras semua pihak, baik dari karyawan Indosat, para mitra, dan dukungan dari para pelanggan setia kami. Indosat akan terus menghadirkan pengalaman yang mengesankan kepada seluruh pihak. Kami juga akan terus menjadi kolaborator utama untuk memberdayakan Indonesia, dengan mempercepat transformasi digital bangsa,” ujarnya. ( Penulis : Muhammad Isya, Wartawan media online Pilarempat.com )


Komentar Anda

Berita Terkini