Bupati Samosir, Berharap 2024 Siswa Mahir Bahasa Inggris

/

/ Rabu, 13 April 2022 / 00.11 WIB


SAMOSIR-PILAREMPAT.COM | Bupati Samosir Vandiko T Gultom melalui Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jonson Gultom, S.Pd. mengatakan bahwa tahun 2024 berharap lulus SD dan SMP sudah mahir bahasa Inggris.


Hal ini disampaikan kepada Pilarempat.com di kantornya komplek perkantoran Parbaba Pangururan, Sabtu (9/8/2022), Samosir.


Dijelaskan Jonson Gultom, untuk mendukung program Pemerintahan Samosir mengenai destinasi wisata yang menjadi prioritas di Indonesia, “maka program untuk anak didik di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan SMP sudah mahir bahasa Inggris”, imbuhnya.


Untuk itu mulai kelas 3 SD akan diterapkan bahasa Inggris di awal pengenalan serta penulisan bahasa Inggris, selain itu juga akan diperkenalkan Aksara Batak termasuk alat-alat musik tradisional Batak.


Ditambahkan Jonson Gultom bahwa disaat anak didik sudah mengenal budaya Batak yang masuk dalam muatan Lokal, maka diharapkan nantinya dapat berkarya guna mendukung kemajuan Pariwisata Samosir serta cinta akan budaya Batak.


Sementata untuk SMP tentunya tidak sulit lagi budaya batak maupun bahasa Inggris karena sudah belajar di SD, tinggal memperdalam budaya serta bahasa Inggris. Sehingga ketika lulus SMP mereka sudah

mampu berkomunikasi bahasa Inggris dan menjelaskan kepda wisatawan terkait budaya batak, tegas Jonson Gultom.


Jadi wisatawan dari manca negara yang berkunjung ke Samosir sudah membawa oleh-oleh berupa pengenalan nudaya batak di saat pulang ke negaranya.


Joson Gultom yang baru menjabat sebagai Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga ini mengatakan selain program tersebut juga akan mendata status sekolah mana masih ada siswanya dan status sekolah yang sudah tutup, tentunya juga akan dijelaskan apakah masih hibah atau sudah bersertifikat.


“Semua nantinya akan kita tindak lanjuti mana aset Pemkab Samosir dan mana yang belum. Sebab ada 200 SD dan 25 SMP di Kabupaten Samosir”, urainnya.


Dijelaskan dia, tentunya memerlukan waktu dan akan di koordinasikan melalui pengumpulan data, sesudah itu baru di laporkan ke Pemkab Samosir. (P4/MT).

Komentar Anda

Berita Terkini