Dosen FISIP UMSU Dampingi BUMDes dalam Pengembangan Pariwisata Geol Berbasis Google My Business di Desa Pematang Serai, Langkat

/

/ Sabtu, 14 Agustus 2021 / 18.24 WIB

 

LANGKAT, PILAREMPAT.COM |   Tingkatkan potensi wisata Geol (Getek Online) di Desa Pematang Serai Kabupaten Langkat sejumlah Dosen FISIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) lakukan pendampingan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mozaik dalam pengembangan pariwisata berbasis digital marketing Google My Business.

Potensi wisata desa ini dinilai sangat penting untuk ditingkatkan karena Geol merupakan salah satu unit usaha dari tujuh unit usaha BUMDes Mozaik Desa Pematang Serai Kabupaten Langkat yang sudah berjalan sejak Juli 2019.

Selama ini, publikasi yang dilakukan belum memperlihatkan peningkatan yang signifikan dalam memperluas dan mempromosikan destinasi wisata ini. Hal ini dapat dilihat dari akun instagram dan facebook yang dikelola.

Padahal di lokasi ini, wisatawan dapat menelusuri sungai Tanjung Pura dengan jarak tertentu di atas Geol. Kemudian wisatawan juga dapat memancing dan menikmati hidangan seafood yang ditangkap dari sungai seperti ikan dan udang.

Ketua program Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMSU Dr. Leylia Khairani, M.Si, menyampaikan platform ini dapat dimanfaatkan untuk membuat dan menampilkan karakteristik keunggulan dari bisnis yang ditawarkan.

Platform ini penting bagi para pebisnis yang sedang merintis dan mengembangkan usahanya karena dengan mengoptimalkan platform Google My Business pengelola bisnis akan mudah dicari, ditemukan, dipilih, dan dipromosikan secara online.

“Konsep pengelolaannya mengarah pada ecotourism. keberadaan Geol ini bisa menjadi sarana yang dimanfatkan sebagai ikon wisata sungai di desa tersebut dan cukup baik untuk dikembangkan,” ujar Dr. Leylia Khairani, M.Si, Jumat (13/8/2021). 

Ketua PKM UMSU Dr. Leylia Khairani, M.Si.

Menurut Leylia untuk memperluas jangkauan wisatawan perlu dilakukan suatu pendampingan melalui pemanfaatan platform digital marketing Google My Business. 

Dalam pendampingannya para dosen FISIP UMSU memberikan pendampingan dengan tema “Penguatan Kapasitas Pengelola BUMDes Mozaik  dalam Pengembangan Pariwisata “Getek Online” melalui pemanfaatan digital marketing Google My Business.

Kegiatan pendampingan PKM ini telah berjalan sejak 3 Agustus 2021, di Balai Desa Pematang Serai Kabupaten Langkat. Tim pendamping membagikan kuesioner untuk menjaring pengetahuan dan pemanfaatan platform digital marketing Google My Business.

Melalui pendampingan program ini, pengelola diharapkan dapat meningkatkan kemampuan  untuk mempromosikan dan memperbaiki tampilan usaha atau bisnis yang dikembangkan pada satu mesin pencari paling populer di dunia saat ini.

Melalui platform ini, pengelola dapat mengoptimalkan fitur-fitur serta kebebasan pengaturan dan pengelolaan yang memberikan manfaat bagi bisnis yang sedang dikembangkan, diantaranya yaitu: a). Mendorong dan mendungkung interaksi dengan pengulas (reviewer) secara langsung; b). Memberikan informasi penting tentang bisnis yang sedang dipromosikan, seperti jam operasional, nomor telepon, dan lain-lain; c). Mempermudah wisatawan atau pengunjung mendapatkan petunjuk arah ke lokasi; d). Mempromosikan acara dan berita bisnis yang dikelola; e). Menambahkan foto bisnis yang sedang dikembangkan.

Selain pengelola BUMDes Mozaik, kegiatan ini juga dihadiri anggota tim PKM UMSU Dr. Puji Santoso, S.S, M.S.P. dan Dr. Salim Aktar, M.Pd, mahasiswa serta pihak pemerintahan desa dan warga masyarakat yang selama ini aktif menjadi anggota PKK.

Kegiatan ini mendapat antusias peserta karena materi pendampingan yang disampaikan tidak hanya dapat dimanfaatkan dalam upaya pengembangan dan promosi unit usaha BUMDes, namun juga bermanfaat bagi pengembangan usaha mereka yang dikelola secara personal. [P4/sya]


Komentar Anda

Berita Terkini