Agussani: Lulusan UMSU Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0

/

/ Selasa, 12 November 2019 / 22.12 WIB

Rektor UMSU, Dr Agussani MAP

PILAREMPAT.COM, MEDAN | Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kembali mewisuda sebanyak 2.498 lulusannya untuk program Magister, Dokter,  Sarjana dan Ahli Madya. Kegiatan yang digelar di Selekta Convention Hall Medan ini merupakan Wisuda UMSU periode ke II untuk tahun ajaran 2019-2020.

Dalam acara wisuda yang tersebut, tampak hadir Sekretaris PP Muhammadiyah, Dr Agung Danarto, Ketua PW Muhammadiyah Sumut, Prof Dr Hasyimsyah Nasution MA, Ketua PW Aisyiyah, Ketua L2Dikti Sumut, Prof Dr Dian Armannto MPd, Dosen Fellow Program RELO-US Embassy Rosseta Marie Buick MA, Ketua Ortom Muhammadiyah Se Sumut, dan sejumlah tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT atas banyaknya nikmat yang terus dirasakan sebagai keluarga besar UMSU selama ini.
Atas nama pribadi, pimpinan dan seluruh civitas akademika UMSU, ia  mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati atas keberhasilan menyelesaikan studi dikampus UMSU.
Agussani menjelaskan, pada wisuda periode II 2019/2020 ini UMSU mewisuda sebanyak 2498 orang yang dilaksanakan dalam tiga gelombang, yakni pada tanggal 12, 13 dan 14 November 2019.
Kepada orang tua dan keluarga wisudawan, Rektor turut bersyukur dan berbahagia serta  mengucapkan selamat atas keberhasilan putra putri mereka.
“Kami mendoakan semoga para wisudawan kelak sukses dalam meniti karir dan karya yang dipersembahkan untuk kemajuan bangsa dan negara tercinta dan memberi rasa bangga kepada keluarga dan kedua orang tua,” ujarnya.
Kemudian, Rektor mengajak semua hadirin untuk terus membuka mata dan mempersiapkan berbagai kompetensi dalam menghadapi revolusi industri 4,0 yang saat ini sedang kita hadapi.
Dijelaskannya, bahwa dalam salah satu laporan World Economic Forum 2016 membahas 10  skill utama yang paling dibutuhkan pada tahun 2020, yakni: pemecahan masalah kompleks, berpikir kritis, kreativitas, manajemen SDM, koordinasi, kecerdasan, emosional, penilaian dan pengambilan keputusan, orientasi dan negosiasi serta fleksibelitas kognitif.
“Sebagai generasi milenial, tentunya saudara yang diwisuda hari ini dengan berbagai disiplin keserjanaan yang saudara dapatkan, maka sudah punya kesiapan mental dan kompetensi untuk mengembangkan pelbagai kompetensi skill tersebut,” sebutnya.
Agussani yakin lulusan UMSU akan mampu berkompetisi dan survive dalam  merebut peluang dan menciptakan lapangan kerja dengan syarat alumni UMSU harus mengembangkan kreativitas, inovasi berpikir, miningkatkan literasi data, literasi teknilogi dan literasi manusia.
Ia juga mengungkapkan, UMSU terus melakukan inovasi, baik dalam rangka peningkatan mutu lulusan, peningkatan riset teknologi, peningkatan daya saing antar, dalam maupun luar negeri. Dan ia bersyukur, kerja keras semua civitas akademika UMSU dalam rangka memenuhi tuntutan visi dan misi hari demi hari semakin meggembirakan.
Selanjutnya Agussani menuturkan, ada beberapa capaian UMSU dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat sejauh ini sudah bisa direalisasikan.
Pertama, dalam akreditasi institusi. UMSU adalah satu-satunya PTS di Sumatera dan Sumut yang Terakreditasi A. Kedua, sembilan program studi yang ada di UMSU juga sudah terakreditasi A.
Ketiga, dalam pemeringkatan Kemenristekdikti, pada tahun 2019 ini dari 4570 PT yang ada di Indonesia, UMSU berada di peringkat ke 75 untuk tingkat nasional.
Begitu juga dalam bidang kreativitas mahasiswa dan juranal terakreditasi, UMSU juga banyak meraih capaian prestasi yang membanggakan.
“Alhamdililah..,sekarang  ada tujuh Jurnal kita sudah terakreditasi oleh Kemenristekdikti,” ujarnya. [P4]

Komentar Anda

Berita Terkini