Pemko Tanjungbalai Lakukan Restocking Ikan dan Penanaman Pohon

/

/ Sabtu, 07 September 2019 / 01.57 WIB




Pilarempat.com, Tanjungbalai | Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH didampingi Ketua TP-PKK Hj. Sri Silvisa Novita melepas 10.000 ekor benih ikan nila, 6.000 benih ikan Gurame, 9.870 ekor benih ikan Patin dan 7.200 ekor benih ikan Baung. Acara yang dipusatkan di Jalan Sei Agul Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Jumat (6/9/2019) sore.
Kegiatan Restocking ikan  dan penanaman pohon ini merupakan kerjasama Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perikanan Pemkot Tanjungbalai dalam rangka pelestarian lingkungan.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Fitra Hadi Dalimunthe menjelaskan kegiatan Restocking Ikan dan Penanaman Pohon ini dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan serta memupuk jiwa kebersamaan. Dalam hal Restocking Ikan Pemkot Tanjungbalai berharap meningkatnya populasi ikan diperairan umum, melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, meningkatkan produksi ikan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat/nelayan sekitar. Sedangkan dalam hal Penanaman Pohon bertujuan meningkatkan kepedulian dari berbagai Pihak akan pentingnya penanaman dan pemiliharaan pohon yang berkelanjutan dalam mengurangi pemanasan global, meningkatkan ruang terbuka hijau serta menjadikan Kota Tanjungbalai menjadi Kota Penghijauan. 
Pelaksanaan Restocking Ikan dilaksanakan diempat lokasi yakni penebaran 10.000 ekor benih ikan Nila di Sei Pantai Burung, Benih Ikan Gurame sebanyak 6.000 ekor di Sei Raja,  Benih Ikan Patin sebanyak 9.780 ekor, di Sei Bandar Jepang dan 7.200 ekor benih ikan Baung, di Sei Asahan. 
Sementara untuk penanaman pohon, Jenis Bibit Pohon yang ditanam yakni Ketapang, Mahoni, Kiara Payung, Lohan Jung dan bibit pohon ekor tupa.
Dalam kesempatan tersebut M Syahrial mengungkapkan kegiatan Restocking Ikan di Perairan umum ini untuk menyadarkan masyarakat agar keberadaan ikan yang hidup diperairan tersebut tetap lestari.
Kegiatan Restocking ikan tidak hanya melindungi ikan saja tetapi pemanfatan ikan berkelanjutan, artinya ikan yang ditangkap untuk konsumsi adalah ikan yang sesuai ukurannya untuk dikonsumsi sedangkan benih ikan dan induk ikan yang terutama yang sedang bertelur yang tertangkap harus dikembalikan lagi ke perairan tersebut sehingga Ketersedian ikan tetap terjaga, jelasnya. 
Penanaman pohon, adalah upaya kita dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terutama dari pemanasan global. Maka dari itu kita harus melakukan penghijauan, hal ini sebagai upaya memulihkan, memilihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air maupun pelindung lingkungan.
Kedua kegiatan yang dilaksanakan saat ini tentunya saling berkaitan satu sama lainnya dalam satu ekosistem, dengan benang merahnya adalah air. Dengan ketersediaan air banyak dipengaruhi oleh hijaunya lingkungan oleh pepohonan dan sungai menjadi salah satu alternatif penyimpanan air yang menunjang keberlangsungan kehidupan lainnya.
“Dengan ditebarnya benih ikan dan penanaman bibit pohon, secara tidak langsung masyarakat akan ikut menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem ikan disini. Dalam beberapa bulan ikan sudah bisa dipanen dengan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan,” ucap Syahrial. 
marilah kita bersama sama menghijaukan kota kita ini dengan dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita sendiri, misalnya menanam pohon dipekarangan rumah serta menjaga populasi pohon yang ada disekitar agar lingkungan tetap asri dan bermanfaat serta menjaga kebersihan dan kelestarian alam sebagai sumber kehidupan dan penghidupan untuk diwariskan ke anak cucu kita nantinya,
“Mari buktikan kita bisa menanam pohon dan menjaga kelestarian lingkungan. Jadi nanti ada yang bisa kita wariskan kepada generasi selanjutnya,” mengakhiri.(P4/Rimanto)



Komentar Anda

Berita Terkini