Cegah ISPA, BPBD Deliserdang Bersama TNI, PWI Dan IJTI Bagikan Ribuan Masker

/

/ Kamis, 26 September 2019 / 03.15 WIB

Kepala BPBD Kab. Deliserdang, Z.A Hutagalung, Danramil 06/Lubukpakam Kapten JP Girsang Ketua PWI Deliserdang Khairul Hizad Sembiring didampingi Ketua IJTI Regional Deliserdang- Serdang Bedagai-Tebing Zufri Hafis saat memberikan masker gratis kepada pelajar. (foto: P4/istimewa)

Pilarempat.com, Lubuk Pakam | Ribuan masker dibagikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD-red) Kabupaten Deliserdang, bersama personil Koramil 06/Lubuk Pakam, Kodim 0204/DS, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Deliserdang dan Ikatan Jurnalis Televisi Regional Deliserdang-Tebing Tinggi kepada masyarakat luas dan pengendara motor dan para siswa di Kota Lubuk Pakam, Kab. Deliserdang Rabu (25/09/2019).


Kepala  BPBD Deliserdang Drs.Zainal Abidin Hutagalung mengatakan dampak kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla-red) di Riau ,Jambi dan Sumatera Selatan dalam sepekan terakhir cukup pekat menutupi kawasan Kecamatan Deliserdang dan sekitarnya maka oleh sebab itu kepada masyarakat yang beraktivitas diluar rumah harus menggunakan masker yang dalam hal ini dilakukan untuk mencegah penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Maka sebagai bentuk antisipasi menjaga kesehatan masyarakat pihaknya bersama Danramil Lubuk Pakam Kapten Girsang, Ketua PWI Deliserdang Khairul Hizad Sembiring S.Ag, Ketua IJTI Deliserdang -Sergai dan Tebing Tinggi Zufri Hafis ,Personel Koramil Lubuk Pakam, Personil BPBD, pegawai  kecamatan lubuk Pakam, personil BPBD dan sejumlah awak media cetak serta elektronik membagikan langsung turun ke jalan masker gratis dipersimpangan Jalan MH.Thamrin dan Diponegoro Lubuk Pakam.

Disebutkannya, pembagian masker pada pengendara motor terutama anak sekolah dan masyarakat disambut antusias oleh masyarakat  yg melintas di persimpangan jalan tersebut.
Menurut Kepala  BPBD Deliserdang Zainal Abidin Hutagalung, pembagian masker pada masyarakat antisipasi agar masyarakat tidak terkena dampak  penyakit gangguan saluran pernafasan dari Karhutla yang sedang terjadi,setiap kecamatan terutama puskesmas  untuk memberikan penanganan pada masyarakat yang terjangkit penyakit ISPA akibat gangguan asap, pihak puskesmas langsung berkoordinasi dengan Rumah Sakit Umum Kabupaten Deliserdang .

" Saat ini kondisi udara belum baik ,Kami himbau agar masyarakat dapat mengurangi aktivitas diluar rumah hingga kondisi udara kembali normal , dan kegiatan pembagian masker ini akan kita lakukan berkelanjutan melihat kondisi dilapangan, BPBD Deliserdang selalu siaga untuk membantu masyarakat terdampak  " ujar Zainal Abidin Hutagalung.





Ada tiga titik jalanan umum menjadi tempat pembagian masker untuk mencegah paparan asap yang dapat mengganggu kesehatan diantaranya Simpang Pasar Satu , Jalan MH.Thamrin , Jalan Diponegoro Lubuk Pakam ,Jalan imam Bonjol Lubuk Pakam dan Sekolah Dasar Negeri percontohan Lubuk Pakam.

Sementara itu Danramil Lubuk Pakam Kapten JP Girsang, mengatakan kegiatan ini merupakan peranserta Koramil Lubuk Pakam dalam menjaga kesehatan masyarakat ,sekaligus menjelang HUT TNI ke 74 ini Kami Koramil Lubuk Pakam jajaran Kodim 0204 DS semakin menggiatkan kegiatan kegiatan sosial pada masyarakat .

" Terlebih lagi saat ini dampak kabut asap masih menggangu kesehatan masyarakat kami menghimbau agar masyarakat menjaga kesehatan dan mengurangi aktivitas diluar rumah," ujarnya .

Ketua PWI Deliserdang, Khairul Hizad Sembiring S.Ag didampingi Ketua IJTI Regional Deliserdang- Serdang Bedagai-Tebing, Zufri Hafis, menyambut baik dan mengapresiasi Pemkab DS khususnya BPBD dalam kegiatan sosial tersebut. Ditambahkan Hizad Sapaan Ketua PWI DS kegiatan sosial lainnya sangat diharapkan kedepan semakin ditingkatkan lebih banyak lagi kerja sama antara pihak Pemerintah Kabupaten , TNI dan juga Organisasi Profesi Wartawan PWI dan IJTI.

Kegiatan sosial dilakukan dalam tempo dua jam dua ribuan masker habis dibagikan kepada masyarakat. (P4/ril/sya)




Komentar Anda

Berita Terkini