Tiga Kegiatan Pokok Kegiatan ‘Program Kotaku’ Kota Lhokseumawe

/

/ Kamis, 29 Agustus 2019 / 21.35 WIB



 Koordinator Kotaku Lhokseumawe, Fitriansyah ST, MT. (foto: istimewa)


Pilarempat.com, Lhokseumawe  | Ada tiga kegiatan pokok dari Program Kegiatan Kota Tampa Kumuh (Kotaku). Hal itu disampaikan Koordinator Kota (Koorkot) Kota Tampa Kumuh (Kotaku) Kota Lhokseumawe , Fitriansyah , ST, MT pada kegiatan Talkshow Pembangunan  Gampong Berbasis Padat Karya yang dilaksanakan Kotaku, Kamis (29/08/2019), di Hotel Diana Kota Lhokseumawe.

Jelas Fitriansyah, ketiga daya Kotaku yaitu daya lingkungan, daya social dan daya ekonomi. Pertama  Daya lingkungan Program Kotaku menggali kebutuhan  masyarakat di desa kumuh, sarana dan prasarana yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Kedua daya sosial, yaitu  kegiatannya merupakan bisnis kelompok seperti penggemukan sapi, usaha RO yang melibatkan masyarakat, dan ketiga daya ekonomi yang bersifat usaha kelompok seperti simpan pinjam. Kegiatan social ekonomi  tidak bejalan sebagaimana diharapkan, pengembalian dana simpan pinjam tidak berjalan lancar, ujar Ketua Koorkot.

Dari tiga daya kegiatan Program Kotaku di Kota Lhokseumawe yang telah dijalankan di Kota Lhokseumawe , khususnya kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakar telah beredar uang di Kota Lhokseumawe sekitar Rp6,4 milyar, sebut Fitriansyah. Karena dibidang pemberdayaan ekonomi tidak berjalan sebagaimana diharapkan selama tiga tahun terakhir, kegiatan social ekonomi tidak ditambahkan tambahan modal lagi.

Kegiatan lingkungan sebuah kegiatan yang paling trend saat ini, daya lingkungan tidak ada kendala dan yang paling nampak hasilnya. Ditambahkan Fitriasnyah, peeiode 2017-2018 yang telah dibangun melalui program Kotaku di Lhokseumawe,  bangunan jalan dan saluran di Desa Blang Naleung Mameh, pembangunan jalan  di Desa Batuphat Barat,  pekerjaan sumur bor dan tower air di Batuphat Timur Kecamatan Muara Satu, pekerjaan jalan paving blok dan saluran di Kede Aceh, pekerjaan jalan di Desa Hagu  Kecamatan Banda Sakti,

Kegiaran talkshow tersebut , pihak panitia turut menampilkan narasumber, Ketua Dekranasda Kota Lhokseumawe, Cut Ernita, Sekretaris Disperindagkop, Abdul Hadi SE, Msi, Satker Kotaku, Novi Warliana ST, Ketua Koorkot Kotaku, Fitriansyah ST, MT dan Saifuddin Abbas.  (P4.Zky).


Komentar Anda

Berita Terkini