KIP: Meningkat Partisipasi Politik Masyarakat Aceh Utara

/

/ Kamis, 29 Agustus 2019 / 22.31 WIB


 Sekretaris KIP Aceh Utara, Hamdani , Sag, M.Kom.I.



Pilarempat.com, Lhokseumawe  |  Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara menilai  dan mengklaim  tingkat partisipasi politik masyarakat Aceh Utara pada Pemilu 2019 sangat meningkat, karena persentase pemilih disemua tingkatan  mencapai 76 persen.

Sekretaris KIP Aceh Utara, Hamdani Sag, M.Kom.I yang ditanya “Pilarempat.Com”, Kamis (29/8/2019) mengatakan,  sesuai dengan data akhir KIP Aceh Utara persentase pemilih di semua tingkat dalam pemilu 2019  mencapai 76 persen.

Disebutkan Hamdani, rata rata persentase untuk  semua tingkatan pemilihan baik itu  pemilihan presiden, DPRK, DPRA, DPD dan DPR RI, Kabupaten Aceh Utara berada diatas  76,74 persen. Peningkatan tingkatan pemilih itu terjadi karena kegiatan sosialisasi kegiatan pemilu yang sangat memadai dilakukan KIP pra pemilu.

Berdasarkan hasil kalkulasi  jumlah dan persentase pemilih pada pemilu 2019, Aceh Utara  boleh jadi  berada di atas rata rata nasional yang menargetkan  76 persen saja. Menurut Hamdani, ada beberapa dapil yang jumlah pemilihnya tingkat pemilihan DPRK  hampir mencapai 100 persen, dan ada juga beberapa dapil seperti di  Kecamatan Samudera dan Syamtalira Aron, tingkat partisipasi hanya 50 persen.

“Saat ini, KIP terus melakukan  evaluasi untuk tahapan baik  yang sudah dilaksanakan maupun yang sedang berjalan,” ujar Hamdani .

Kunjungan KPU Pusat

Hamdani menambahkan, pada 20 Agustus 2019 komisioner KPU pusat, Ilham Saputra bersama staf   telah melakukan  kunjungan ke Kantor KIP  Aceh Utara dengan agenda konsolidasi  serta pada kesempatan itu komisioner KPU memberikan apresiasi kepada KIP Aceh Utara atas tahapan pelaksanaan pemilu dengan tingkat partisipasi politik masyarakat Aceh Utara yang meningkat dan lebih baik.

Dalam kunjungan komisioner KPU pusat, juga meninjau gedung dan gudang penyimpanan surat suara KIP Uutara.  KPU juga memberikan apreasiasi untuk tingkat partispasi pemilih Aceh  Utara pada pemiliu 2019 dan atas suksesnya pelaksanaan pimliu di kabupaten yang berjumlah 27 kecamatan itu. (P.4/Zky).


Komentar Anda

Berita Terkini