Pemkot Tanjungbalai Terima Mahasiswa/i USU KKN-PPM di Kota Tanjungbalai

/

/ Selasa, 23 Juli 2019 / 07.54 WIB


Tanjungbalai, Pilarempat. Com | Asisten Pemerintahan Kota Tanjungbalai, Nurmalini Marpaung, S.Sos, M.I.Kom atas nama Wali Kota Tanjungbalai menerima dan melepas para mahasiswa/i Universitas Sumatera Utara sebanyak 56 orang yang akan melaksanakan KKN-PPM (Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) di Kota Tanjungbalai.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Wali Kota Tanjungbalai Senin, (22/7/2019) turut dihadiri Camat Datuk Bandar Abu Said S. Ag, Camat Teluk Nibung Muhammad Ali serta para Lurah dan Perwakilan dari USU.

Nurmalini mengucapkan terima kasih kepada pihak Universitas Sumatera Utara atas kepercayaannya telah memilih lokasi KKN-PPM di Kecamatan Teluk Nibung.

“Kami merasa sangat bangga atas kehadiran adik-adik mahasiswa, karena saat ini kami memang membutuhkan mitra yang bisa meningkatkan pemahaman dan ilmu pendidikan yang dapat mencerdaskan masyarakat, sampaikanlah ilmu yang didapat di kampus, walaupun sedikit itu sangat bermanfaat, setidaknya bisa memotivasi masyarakat,” ujarnya.

Kecamatan Teluk Nibung adalah daerah strategis di Kota Tanjungbalai  yang karakter masyarakatnya kental dengan sifatnya yang religius, konsen terhadap ajaran agama.

“Dengan latar belakang masyarakatnya yang religius, beretika tinggi dan kesopan santunannya sangat terjaga, adik-adik nantinya dapat melakukan pendekatan melalui tokoh-tokoh agama, serta para orang tua dan para pelaku usaha khususnya Nelayan yang biasanya menjalankan pekerjaannya disana,terang Nurmalini.

Lebih lanjut sikatakan ,nantinya mahasiswa diharapkan dapat memotivasi masyarakat, serta memberikan inovasi, bagaimana nantinya masyarakat bisa memberdayakan segala potensi yang ada, sehingga sampai dengan program KKN- PPM ini selesai akan membuahkan hasil bagi diri sendiri dan masyarakat didaerah tersebut.

Sebelumnya, Koordinator/Pengelola KKN-PPM USU Nursiah Siahaan SH dan Junaidi Ginting, M.Si dalam sambutannya mengatakan, atas nama Universitas Sumatera Utara, ijinkan kami pengelola KKN-PPM USU Tahun 2019 menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan bapak Wali Kota menerima mahasiswa USU untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata di daerah ini, kami sangat menghargai sambutan Pemkot Tanjungbalai yang sangat luar biasa dalam pelaksanaan KKN-PPM USU Tahun 2019 ini.

Pada tahun 2019 ini, KKN-PPM USU mengusung Tema “ Memberdayakan Kearifan Lokal dan Potensi Desa Menuju Masyarakat Cerdas, Kreatif dan Mandiri” dengan rincian sebagai berikut, KKN-PPM Reguler yang dilaksanakan di 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara yang terdiri dari 66 Desa dan jumlah total 944 peserta.

Kemudian KKN Pulau terluar, yang akan dilaksanakan di daerah Kabupaten Simeulue dan Kota Gunung Sitoli, Nias dengan total peserta sebanyak 40 orang yang tersebar di 4 Desa. Selanjutnya KKN Kebangsaan, yang akan dilaksanakan di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara dimana pada tahun ini Universitas Khairun (UNKHAIR) sebagai tuan rumah. Peserta KKN Kebangsaan berasal dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia. Untuk Tahun 2019 Universitas Sumatera Utara mengirim 5 orang peserta.

KKN Bersama, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara, diikuti oleh 300 peserta dari 28 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Wilayah Barat yang terdiri dari 213 orang Mahasiswa yang berasal dari luar USU dan 87 orang Mahasiswa USU.


Khusus di Kota Tanjungbalai sendiri, sebanyak 56 mahasiswa/i kami akan melaksanakan KKN-PPM yang nantinya akan dibagi dalam 4 kelompok di 4 lokasi/Kelurahan. Ada 4 (Empat) Kelurahan yakni Kelurahan Pematang Pasir, Kelurahan Perjuangan, Kelurahan Sei Merbau dan Kelurahan Beting Kuala Kapias yang semuanya berlokasi di Kecamatan Teluk Nibung. [P4/Rimanto]
Komentar Anda

Berita Terkini