Bupati Samosir Bersama Anghy DPRD Berkantor Di Desa Lumby Suhi Suhi Toruan Dan Sitolu Huta

/

/ Sabtu, 04 November 2023 / 20.57 WIB

 

Samosir, PILAREMPAT.COM - Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom bersama Anggota DPRD Kabupaten Samosir, Saurtua Silalahi, Polma Gurning dan Marco Simbolon melakukan kunjungan sekaligus berkantor di Desa Lumban Suhi Suhi Toruan dan Sitolu Huta Kecamatan Pangururan, (2/11/2023).


Turut hadir, Asisten III, Waston Simbolon, Kadis Kominfo, Immanuel Sitanggang, dan pimpinan OPD, Camat Pangururan, Robintang Naibaho bersama Forkopimca Pangururan dan TBPP.


Kehadiran Bupati Samosir disambut antusias masyarakat, Tokoh Masyarakat dari kedua Desa. Pos pelayanan dipadati masyarakat untuk mendapatkan pelayanan gratis yang dibawa Bupati Samosir.


Dihadapan masyarakat, Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom menyampaikan kehadirannya untuk melayani masyarakat, bukan untuk dilayani. Bertatap muka dengan masyarakat, menyerap aspirasi dan melihat kondisi nyata desa secara langsung.

Kami bukan hanya kunjungan, akan tetapi berkantor, mendekatkan dan membawa pelayanan sehingga masyarakat dapat merasakan secara langsung. Banyak pelayanan yang kami bawa mari kita manfaatkan dengan baik, semuanya gratis, kata Vandiko.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir mengingat Kepala Desa dan BPD untuk menjalin komunikasi yang baik, demikian halnya dengan perangkat desa untuk memahami tupoksi sehingga pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik


Kita sebagai pelayan masyarakat digaji dari uang rakyat, jangan korbankan masyarakat. Jalin komunikasi yang baik, tinggalkan ego sektoral, mari melayani masyarakat dengan segala pelayanan yang ada dan sebaik mungkin, tegas Vandiko


Lebih lanjut disampaikan, seluruh kelompok tani di Kabupaten Samosir dipastikan mendapat bantuan pupuk organik secara stimulan. Selanjutnya diharapkan masyarakat untuk beralih menggunakan pupuk organik dan mampu membuat pupuk sendiri melalui pelatihan yang sedang digalakkan Pemkab Samosir.

Saya pastikan seluruh kelompok tani mendapat bantuan pupuk organik. Mari belajar dan jangan malas, kami akan membantu sertifikasi sehingga bisa dijual menambah penghasilan, ungkap Vandiko disambut tepuk tangan masyarakat.


Dibidang kesehatan, Bupati Samosir menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir komit untuk menjamin kesehatan masyarakat melalui BPJS gratis. Disebutkan, total masyarakat yang sudah tercover BPJS sudah mencapai 99 persen namun dihimbau agar masyarkat yang belum terdaftar untuk mendaftarkan diri dan menggunakan BPJS untuk menjaga kesehatan.


Untuk peningkatan UMKM dalam permodalan, Bupati Samosir membawa Bank Sumut sebagai penyalur KUR, untuk itu diharapkan pelaku UMKM agar mengurus perizinan berusaha sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan permodalan dari Bank.


Sebagai daerah yang memiliki budaya diingatkan agar masyarakat berperan dalam pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengajak masyarakat untuk sama mencegahnya serta melaporkan apabila ditemukan kasus dilingkungan masing-masing. Sebagai kabupaten yang berbudaya mari sama-sama menjaga. Tidak perlu malu, ini bukan aib supaya bisa kami bantu, imbuh Vandiko.


Sebagaimana usulan masyarakat untuk pembukaan, peningkatan jalan melalui sirtunisasi, Kadis PU, Rudimanto Limbong menyampaikan pihaknya akan mengerahkan alat berat dan segera turun melakukan survey kubikasi sirtu yang disediakan masyarakat. Peningkatan SPAM untuk warga masyarakat Desa Lumban Suhi Suhi Toruan akan ditingkatkan tahun ini.


Dalam setiap Bunga Desa, seluruh desa yang sudah dikunjungi rata-rata membutuhkan sirtu untuk peningkatan jalan. Inilah kebutuhan kita akan sirtu, memang banyak, seluruh desa meminta sirtu. Cukup baik sebagai langkah awal penanganan jalan, ungkap Bupati.


Untuk penataan pembangunan dan menjamin setiap desa tersentuh dari APBD, Bupati Samosir memberikan tambahan anggaran sebesar 100 juta rupiah untuk penataan desa di Desa Lumban Suhi Suhi Toruan dan 100 juta rupiah untuk rekontruksi jalan Aek bolon-lumban holang-holang desa Sitolu huta. Untuk Pembangunan Kantor Desa Sitolu Huta, Vandiko berjanji. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini