Pemkab Samosir Kolaborasi Polres, Penataan KJA dan Pembersihan Eceng Gondok

/

/ Minggu, 24 September 2023 / 10.37 WIB

 

Samosir, PILAREMPAT.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir berkolaborasi dengan Polres Samosir terkait penataan Keramba Jaring Apung (KJA) dan upaya pembersihan eceng gondok di perairan Danau Toba, wilayah Samosir. Kegiatan berlokasi di Aula Pusuk Buhit Mako Polres Samosir sebagai kesiapan pelaksanaan Event Aqua Bike Word Championship 2023 di Perairan Danau Toba untuk Samosir. 


Rapat koordinasi (Rakor), dipimpin Wakapolres Samosir Kompol S.T. Panggabean didampingi Asisten II Sekda Pemkab Samosir Hotraja Sitanggang, Pabung Kodim 0210/TU Kapten Inf. Sugiono Dinas, Kabag Ops Polres Samosir, hadir Kabid Perikanan, Koordinator Lapangan Dinas Lingkungan Hidup, Kasi PAM, Kabid Promosi Disbudpar, Kepala UPTD Peralatan Dinas PUTR, Kepala Pelaksana BPBD, para Camat, serta Kapolsek jajaran, Jumat (22/9/2023) 


Wakapolres menyampaikan, bahwa pembersihan eceng gondok akan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Jumat di wilayah  Samosir. Koordinasi antara berbagai instansi seperti Polres, Pemkab Samosir, Camat, Polsek, Koramil dan Desa. Usaha pengumpulan eceng gondok akan dibantu dengan alat berat dan tujuannya adalah untuk memindahkan eceng gondok ke lokasi di daratan.


Asisten II Pemkab Samosir Hotraja Sitanggang menyampaikan "KJA sekitaran Lokasi Event akan dipindahkan ke Simarsasar, pembersihan Eceng gondok dan merapikan KJA dipercepat dan Dinas PUTR bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk menghadirkan anggota dan alat berat. 


Sementara itu, Kabid Promosi Disbudpar Shanny Nainggolan menyampaikan, sekitar 30 pembalap dari berbagai negara, kegiatan Moto GP Zetski, sebagai thema United Spirit Of Toba yang kita berikan masukan diganti menjadi United Spirit Of Lake Toba agar seluruh kawasan danau toba ikut serta, dari Arah Tajur sampai kantor dinas perhubungan WFC sebagai lokasi pelaksanaan Event, Diusahakan mempercepat pembanguanan WFC, Jadwal Pelaksanaan di tgl 24 namun bisa berubah di tanggal 23 sesuai jadwal Pimpinan Negara. 


Ditambahkan Koordinator Lapangan Binsar Silalahi dinas lingkungan hidup menyampaikan, sudah mulai membersihkan namun jumlahnya saat terbatas dan peralatan yang disiapkan truck dan betor mengangkat ecenggondok. "Kendala kita yakni pengangkatan dari danau ke atas dimana saat ini ada pembanguanan WFC, kita persiapkan anggota dan petugas lapangan," paparnya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini