PPIH Debarkasi Medan Siap Terima Kepulangan Jemaah Haji Sumut

/

/ Senin, 03 Juli 2023 / 20.22 WIB

 

Medan, PILAREMPAT.com   –  Setelah merampungkan pelaksanaan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci Makkah Al Mukarramah dan Madinatul Munawwarah tahun 1444 H/2023 sejumlah jamaah haji Indonesia akan kembali ke daerah asal masing-masing.

Khusus jamaah asal Sumatera Utara (Sumut) bersiap akan kembali ke Tanah Air mulai besok Selasa 4 Juli 2023.

Untuk penyambutan kedatangan jamaah haji seluruh petugas PPIH Debarkasi Medan telah siap untuk melayani Dhuyufurrahman (tamu-tamu Allah) terkhusus yang tiba di Asrama Haji Medan (Ahmed).

Ketua PPIH Debarkasi Medan, H.Ahmad Qosbi melalui Humas H. Muhammad Yunus dalam keterangannya kepada Realitasonline.id mengatakan telah siap meyambut untuk melayani kedatangan Dhuyufurrahman di Asrama Haji Medan. Pelayanannya sama seperti pemberangkatan, namun terkait pelayanan pemulangan ini dilakukan lebih ringan.

"Kita tampung jamaah haji yang baru tiba. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap masing-masing jamaah serta pembagian paspor dan koper jamaah," katanya usai mengikuti rapat koordinasi di Asrama Haji Medan, Senin (3/7/2023).

"Untuk pelayanan kepulangan jamaah haji lebih ringan dibanding saat pemberangkatan. Setibanya jamaah di Asrama Haji, kita lakukan seremonial sebentar, selanjutnya proses penyerahan dokumen jamaah termasuk air zamzam, langsung diserahkan ke keluarga untuk menuju ke Kabupaten/Kota masing-masing," lanjutnya, seraya berujar bahwa kegiatan ini hanya berlangsung sekirar 1-2 jam saja.

Didampingi Wakil Sekretaris PPIH Debarkasi Medan Ilyas Siregar, lebih lanjut Muhammad Yunus menjelaskan, penyambutan yang akan dilakukan dimulai besok 4 Juli 2023 bagi jamaah Kloter 1 asal Madina yang akan mendarat di Bandara Kualanamu Internasional.

"Mulai besok 4 Juli 2023 kita sambut kedatangan jamaah haji Kloter 1 asal Madina yang berjumlah 359 jamaah masih lengkap seperti saat berangkat. Rencananya bersama Ketua PPIH dan jajaran akan menunggu tibanya jamaah yang akan mendarat di Bandara Kualanamu sekira pukul 20.45 WIB dengan menumpang pesawat Garuda GA 3201," jelasnya.

Ia berharap kegiatan penyambutan jamaah haji asal Sumatera Utara berlangsung lancar dan semua jamaah dalam keadaan sehat. [P4]

 


Komentar Anda

Berita Terkini