Hadiri Pesta Silahisabungan Bupati Samosir Resmikan Sopo Partungkoan Dan Menara

/

/ Rabu, 26 April 2023 / 22.34 WIB


Samosir, PILAREMPAT.COM - Bupati Samosir resmikan Sopo Partungkoan dan Menara Raja Silahisabungan di Dolok Paromasan, Desa Lumban Pinggol-Pangururan, Rabu (26/4/2023), Samosir.


Bupati, menyambut baik serta mendukung pelaksanaan acara peresmian sopo partungkoan dan menara Silahisabungan. Menurutnya, pelaksanaan tersebut untuk menguatkan bahwa Samosir merupakan titik nol peradaban suku Batak dan akan semakin baik apabila setiap marga melaksanakan acara serupa.


“Selamat dan sukses atas peresmian Sopo Partungkoan juga Menara Silahisabungan. Secara pribadi saya bangga dan senang, menghadiri peresmian ini. Atas nama Pemkab Samosir, saya mengucapkan terima kasih kepada pomparan Raja Silahisabungan yang telah melaksanakan berbagai kegiatan di Samosir” ucapnya.


Selain itu, Bupati Samosir memuji kesatuan pomparan Raja Silahisabungan sehingga acara dapat berlangsung dengan baik. Pelaksanaan berbagai acara adat maupun acara marga-marga akan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat.


Berharap atas peresmian Sopo Partungkoan dan Menara Silahisabungan dapat memberikan efek peningkatan ekonomi, khususnya pomparan marga Silahisabungan dengan penerapan UMKM disekitar lokasi.


“Sopo dan Menara ini sangat bagus, kiranya dapat menjadi Sopo yang hidup, yang dapat memberikan kehidupan bagi masyarakat, khususnya pomparan Silahisabungan” cetusnya.


Sesuai usul panitia, Bupati Samosir menyampaikan, Dolok Paromasan telah diusulkan menjadi sebuah Cagar Budaya. Hasilnya menunggu penilaian, jika berhasil segera ditetapkan.


Turut hadir, Pj. Sekda, Para Asisten, pimpinan OPD, Camat Pangururan. Ketua umum pomparan Silahisabungan, Wesly Silalahi, ketua pelaksana pesta Parulian Silalahi, penasehat Muller Silalahi. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini