Keutamaan Puasa Rajab, Dihapus Dosa-dosa dan Dibukakan Pintu Surga

/

/ Senin, 30 Januari 2023 / 17.55 WIB

lustrasi bacaan doa buka puasa dan keutamaan dari puasa di bulan Rajab, (sumber gambar: mohamed Hassan dari Pixabay)

PILAREMPAT.com - Apa saja keutamaan puasa RajabBulan Rajab jadi bagian dari bulan Haram (bulan yang disucikan) bersama tiga bulan lainnya dalam kalender Hijriah, yakni Dzulkaidah, Dzulhijah, serta Muharam. 

Bagi umat muslim, bulan Rajab salah satu bulan yang diistimewakan. Setiap datang bulan Rajab, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah, salah satunya dengan melaksanakan dan meraih keutamaan puasa Rajab.

Bulan Rajab juga terdapat dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda: Rajab adalah bulannya Allah, Sya'ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulannya umatku.”

Dalam perhitungan kalender Hijriah, bulan Rajab bertepatan dengan hari Minggu malam (22/1/2023), atau jatuh pada hari Senin (23/1/2023) dalam perhitungan kalender Masehi.

Sebagai umat muslim yang taat, dianjurkan untuk menjalankan ibadah Puasa Rajab atau puasa sunah pada 10 hari pertama di bulan Rajab karena memiliki banyak keutamaan. Adapun keutamaan puasa Rajab seperti berikut ini.

1. Seperti Menjalankan Puasa Sebulan

Bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa sunah di Bulan Rajab satu hari, maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang melaksanakan ibadah puasa selama sebulan. Hal tersebut tercantum dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh HR. At- Thabrani.

"Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan."

2. Amalnya Dicatat Selama 60 Bulan

Bagi umat muslim yang menjalani ibadah puasa sunah tepat di tanggal 27 Rajab, maka amalnya akan dicatat seperti orang yang menjalankan ibadah puasa selama 60 bulan. Hal tersebut tercantum juga dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

"Barangsiapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan."

3. Dijauhkan dari Pintu Neraka

Keutamaan berikutnya yang akan diperoleh oleh umat muslim yang berpuasa sunah di bulan Rajab selama 7 hari berturut-turut, maka ia akan dijauhkan dari pintu neraka

4. Dibukakan Pintu Surga

Keutamaan lainnya yang juga akan diperoleh bagi umat muslim yang menjalankan puasa sunah selama 8 hari berturut-turut di bulan Rajab, maka akan dibukakan 8 pintu surga untuknya.

5. Dihapus Dosa-dosanya

Bagi yang berpuasa sunah di bulan Rajab selama 10 hari, maka ia akan dihapus dosa-dosanya oleh Allah SWT yang kemudian diganti dengan kebaikan, pun hidupnya juga akan dipenuhi keberkahan.

6. Diberi Minum Air Surga

Bagi yang berpuasa sunah satu hari di bulan Rajab, maka ia akan diberi air dari sungai Rajab yang berada si Surga yang mana warna airnya lebih putih melebihi putihnya susu dan rasanya manis melebihi manisnya madu.

7. Setara 700 Tahun

Bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa Dzluqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab pada hari Senin, Kamis, Jumat serta Sabtu, maka ia akan diberi pahala oleh Allah SWT yang mana pahala tersebut sejajar dengan ibadah selama 700 tahun.

Hal tersebut tercantum dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir dari Ibnu Abbas yang bunyinya seperti berikut:

“Barangsiapa Puasa di bulan Haram, yaitu hari Kamis, Jum’at dan Sabtu, maka akan ditulis baginya ibadah 700 (tujuh ratus) Tahun.”

Nah, itulah 7 keutamaan puasa Rajab yang perlu kamu tahu. Di bulan yang mulia tersebut, yuk perbanyak beribadah, salah satunya dengan puasa sunah di bulan Rajab. [P4/suara.com]


Komentar Anda

Berita Terkini