UMSU Raih Akreditasi 'Unggul' dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

/

/ Jumat, 18 November 2022 / 07.32 WIB

Surakarta, PILAREMPAT.com - Alhamdulillah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil meraih akreditasi institusi ‘UNGGUL’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, MAP menyampaikan capaian peraihan akreditasi A itu, bersamaan dengan kemeriahan Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Surakarta, Kamis (17/11 malam.

Disampaikan, hasil pengisian instrumen  suplemen konversi  sembilan kriteria, UMSU meraih poin 366 sehingga mendapatkan  akreditasi unggul. 

“Ini tentu sebuah kesyukuran dari hasil kerja keras bersama sehingga  UMSU bisa meraih akreditasi  unggul,” ungkap Rektor disela agenda silaturahim kegiatan Muktamar Muhammadiyah di Solo,  Kamis malam (17/11/2011).

Rektor UMSU menegaskan keberhasilan itu merupakan kerjasama “Tiga Tungku Sajarangan” yakni tiga kekuatan yang menopan tridarma perguruan tinggi, yakni Rektorat, Badan Pengurus Harian (BPH) dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sukses peraihan hasil akreditasi A disampaikan dalam satu forum malam silaturahim   Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sumut, Badan Pengurus Harian, para wakil rektor dan jajaran pimpinan fakultas, biro dan lembaga.

Prof. Dr. Nawir Yuslem, MA mewakili BPH dalam sambutan mengungkapkan kesyukuran dan selamat atas  keberhasilan UMSU meraih akreditasi A.”Atas nama BPH kami mengucapkan apresiasi yang  tinggi  atas kerja keras  bersama  seluruh jajaran di UMSU , BPH dan  pengurus wilayah  serta seluruh warga Muhammadiyah sehingga berhasil meraih  akreditasi unggul,” katanya.

Hasil yang diraih UMSU menurutnya, perlu terus dirawat dengan  kerja keras dan kerja ikhlas bersama.

Sementara, Ketua PWM Sumut, Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution, MA menyampaikan selamat atas keberhasilan yang diraih UMSU. 

“Kalau kita memiliki kekuatan, kebersamaan dan saling mendukung maka kita akan meraih apa yang kita harapkan. UMSU telah membuktikan itu dan saya memuji kekompakan UMSU,” katanya.

Prof. Hasyimsyah berharap UMSU terus mempertahankan kekompakan dan kebersamaan  serta kerja keras  sehingga bisa terus meraih prestasi,” katanya.

Terus Membangun Soliditas

Rektor UMSU Agussani mengingatkan, jajarannya untuk tidak boleh abai karena tugas dan beban berat ada di hadapan. Dengan peraihan itu, maka kini pemerintah melalui BAN-PT akan melakukan pengawasan lebih ketat. Ada tugas penting yang harus menjadi perhatian semua tim, yakni:  Penerimaan mahasiswa baru lima tahun terakhir, rasio dosen tetap dan dosen tidak tetap, jumlah dosen tetap setiap program studi, Jumlah lektor, Lektor kepala dan dan guru besar, Akreditasi program studi, kelulusan tiap waktu dan jumlah mahasiswa berhasil menyelesaikan studi.

Dengan keluarganya SK akreditasi Unggul dari BAN-PT itu, maka kini UMSU tercatat menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah ke-6 yang meraih akreditasi UNGGUL dan menjadi PTS/PTS ke 45 di Indonesia yang berhasil meraih unggul. Di Sumatera Utara, ada perguruan tinggi yang meraih akreditasi Unggul, yakni : USU dan UMSU. [P4/sya/rel]

Komentar Anda

Berita Terkini