Suksekan Regsosek 2022, BPS Sumut Kerahkan Petugas Pendataan Awal

/

/ Selasa, 04 Oktober 2022 / 21.36 WIB
Kepala BPS Sumut Nurul Hasanudin membuka pelatihan petugas pendataan awal Regsosek untuk Kota Medan, Selasa (4/10/2022). (foto:P4/ist)

Medan,PILAREMPAT.comBadan Pusat Satistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengerahkan 3.023 orang petugas untuk melaksanakan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022. Sebagai pembekalan, para petugas itu terlebih dahulu mengikuti pelatihan.

Pelatihan itu digelar secara bergelombang di masing-masing kabupaten/kota. Dimana jumlah petugas tersebut khusus untuk Kota Medan, Pelatihan petugas pendataan awal Regsosek ini digelar pada Selasa (4/10/2022) yang dibuka langsung oleh Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin.

Dalam sambutannya, Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin menyampaikan pelatihan ini untuk menyamakan pandangan semua pihak yang terlibat dalam pendataan awal Regsosek.Hal ini dikarenakan pemerintah sangat menantikan hasil Pendataan Awal Regsosek, demikian juga manfaat besar yang akan diterima masyarakat nantinya.

“Untuk itu, saya tekankan bahwa kesuksesan pelaksanaan kegiatan pendataan awal Regsosek yang super prioritas ini sangat bergantung pada bagaimana pengumpulan data di lapangan. Saya berharap agenda pelatihan ini dapat memberikan persepsi yang sama kepada para calon petugas terhadap pemahaman konsep, definisi operasional, dan manajemen lapangan pendataan awal Regsosek 2022, sehingga calon petugas mampu memahami semua materi dan tata cara pengisian semua daftar/ kuesioner Pendataan Awal Regsosek 2022 dengan baik dan benar,” ujar Hasan.

Hasan menerangkan, pendataan awal Regsosek ini merupakan agenda super prioritas karena momentum berharga menuju terwujudnya satu data perlindungan sosial. Sehinggamenuntut adanya upaya besar yang tidak biasa-biasa saja mulai dari pra-pelaksanaan, pelaksanaan, hingga pasca pelaksanaan.

“Untuk itu, kita semua dapat mengambil peran yang besar sesuai bagian kita masing-masing,” katanya.

Diungkap Hasan, dalam hal ini BPS tidak bekerja sendiri. Sebagai agenda nasional kata Hasan, kolaborasi menjadi kunci dalam keberhasilan pendataan awal Regsosek ini. 

"Karena Regsosek merupakan pengelolaan data secara berkelanjutan dan memerlukan komitmen yang besar bagi kita semua,” pungkasnya.

Adapun pelaksanaan pendataan awal Regsosek ini,sebut Hasan akan diadakan serentak mulai 15 Oktober hingga 14 November 2022 mendatang. [P4/rel/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini