Anggota DPRD Samosir Siap Dukung Program Unggulan Pariwisata

/

/ Sabtu, 27 Agustus 2022 / 23.52 WIB



Samosir,PILAREMPAT.COM -
Anggota DPRD Kabupaten Samosir Batahan Siringoringo menyampaikan bahwa Lembaga Adat Ulu Balang Partukkoan Adat siap mendukung program wisata Samosir.


Hal ini dia sampaikan pada pelatihan Lembaga Ulu balang yang dilaksanakan selama 2 hari di Pantai Sipinggan, Jumat (26/8/2022) Nainggolan, Samosir.


Batahan Siringoringo sekaligus sebagai Ketua Lembaga Adat Kabupaten Samosir

menambahkan bahwa kegiatan pelatihan Ulu Balang merupakan program unggulan Partukkoan Adat untuk membuat rasa nyaman serta aman terhadap wisatawan yang datang ke Samosir.



Lebih lanjut dia menjelaskan, sebagai peserta sebanyak 50 orang peserta dengan materi yang disampaikan adalah pengetahuan tentang destinasi wisata di Samosir. Pelatihan di antaranya yakni, mossak, tortor Batak, Pertolongan Pertama Kecelakaan (P3K) juga kegiatan lainnya.


“Ulu balang saat ini sudah tersebar pada 9 (sembilan) Kecamatan, dimana Ulu Balang akan berperan aktif untuk Pariwisata di Samosir, sehingga wisatawan nyaman dan aman, mereka akan dipandu Kepala Desa (Kades) serta Pelaku Wisata maupun pemangku adat di setiap daerah dan bertangungjawab langsung Kepada Ketua Lembaga Adat”, urainya.


Peserta Pelatihan Ulu Balang/dokpri, katanya menambahkan bahwa pelatihan ini diharapkan akan diadakan 3 tahap. Kegiatan saat ini merupakan tahap pertama untuk calon Ulu Balang, hingga mereka menjadi Ulu Balang. Kepala yang mapan dan menguasai Adat Istiadat Batak, serta dapat berbahasa Inggris yang bertaraf nasional dan Internasional. Selain itu juga berencana akan mendaftarkan mereka ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi, sehingga pekerjaan tersebut menjadi Profesi bagi Ulu Balang”, cetusnya.


Terkait perselisihan yang ada di Desa – Desa misalnya persoalan tanah, perjudian, protitusi, Ulu Balang akan terlibat, yang artinya bukan menyelesaikan, namun menampung dan melaporkan masalah ke Lembaga Adat Samosir, dan akan turun menangani perselisihan tersebut”, sebut dia mengakhiri. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini