Anggota DPRD Samosir, Bupati, Anggota DPRDSU Serahkan Sampan ke Nelayan

/

/ Kamis, 18 Agustus 2022 / 19.18 WIB


Samosir,PILAREMPAT.COM -
Dalam rangka membangkitkan nilai perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir terus menjalin sinergitas bersama Pemerintah Provinsi (Pemprosu) maupun Pemerintah Pusat.


Sinergitas tersebut terbukti dengan bantuan dari Pemprovsu melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provsu yang telah menaburkan bibit ikan mas dan nila serta menyalurkan bantuan 19 unit Sampan yang langsung di serahkan secara simbolis oleh Bupati didampingi Anggota DPRD Samosir Parluhutan Samosir bersama Anggota Komisi B Fraksi Demokrat DPRDSU Tangkas Manimpan Lumbantobing serta Kepala Bidang (Kabid) Dinas Kelautan Perikanan Provsu Yuliani Siregar di desa Sitinjak, Onan runggu, Senin (15/8/2022), Samosir.


 Kabid Perikanan Tangkap Provsu Yuliani Siregar menjelaskan, bahwa restocking ikan sebagai upaya pemulihan sumber daya yang ada di Danau Toba. Sebanyak 50 ribu bibit ikan ditabur dalam 2 lokasi di Desa Turpuk Limbong dan Onan Runggu. Selain itu, 19 unit Solu (3 unit sampan bermotor, 16 unit sampan dayung) diberikan kepada 12 kelompok nelayan.


Berharap restocking ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Danau Toba. Penyuluh perikanan yang ada di Samosir untuk membuat kartu KUSUKA bagi nelayan. Dengan kartu ini, para nelayan di Samosir dapat memperoleh sertifikat, yang menjadi dasar nelayan mendapat berbagai bantuan.


Untuk memelihara ekosistim di Danau Toba, juga telah merancang suatu lomba yaitu, lomba menangkap ikan lohan. Menurutnya, ikan lohan t merupakan predator yang dapat merusak ekosistim.


“Bantuan ini hanya sebagai stimulan yang dapat dikembangkan masyarakat demi kesejahteraan mereka”, ujarnya.


Sementara anggota DPRD Samosir Parluhutan Samosir menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi kepada Dinas Kelautan Perikanan Provsu bersama anggota DPRD Komisi B yang telah memberikan bantuan dan perhatian untuk masyarakat Samosir, ini sebagai buktik bahwa bantuan yang didapat nelayan merupakan sinergitas Pemkab Samosir dan Pemprovsu.


“Hal ini merupakan kreatifitas kepala daerah dengan anggaran terbatas, kita selalu berupaya untuk mencari tambahan dana baik dari Propinsi maupun Pusat untuk kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.


Sinergitas Pempropsu ini, tak luput dari perhatian Anggota Komisi B DPRDSU Takkas Maninpan Lumban Tobing yang telah memberikan dan mendengarkan aspirasi masyarakat Samosir. ” Luar biasa membawa anggaran ke Samosir, selain bantuan untuk perbaikan jalan propinsi di Samosir.


Sementara itu, Anggota DPRDSU Takkas Manimpan Lumban Tobing mengutarakan, perhatian kepada masyarakat Samosir tidak terlepas dari komunikasi yang baik. Bupati Samosir tetap berkomunikasi, bersahabat dan rendah hati guna mendapatkan bantuan demi pembangunan di Samosir.


“Harapan saya, Bupati tetap silaturahmi dan komunikasi, kita yakin mampu membangun dan menyejahterakan masyarakat Samosir”, tegasnya.


Selanjutnya, berharap bantuan dapat dimanfaatkan dengan baik dan disyukuri oleh masyarakat samosir.


“Kepada para perantau, agar menyampaikan dukungan pembangunan di Samosir. “Jauhkan egoisme, dukung pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat”, ujarnya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini