Pelayanan Sejuta Akseptor, Sambut Harganas 2020 Di Seluruh Puskesmas Se Kota Tanjungbalai

/

/ Jumat, 03 Juli 2020 / 00.42 WIB

TANJUNGBALAI--PILAREMPAT.com | Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai, melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana,  siap mensukseskan program pelayanan KB serentak (sejuta akseptor), ditandai dengan menggelar pelayanan KB serentak di seluruh Fasilitas Kesehatan Puskesmas se Kota Tanjungbalai dalam rangka  peringatan hari keluarga nasional (Harganas) ke XXVII tahun 2020  digelar Rabu (29 Juni 2020).

Untuk mensukseskan pelayanan tersebut, Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial, SH,MH didampingi Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Ernawaty, S.IP,MM serta sejumlah OPD dilingkungan Dinas Kesehatan,Perwakilan Kodim 0208/AS turut serta dalam kegiatan pelayanan KB Gratis serentak di Kota Tanjungbalai tepatnya di Puskesmas Datuk Bandar (Senin, 29/6/2020).

Dalam sambutannya Syahrial mengatakan,sangat mendukung program BKKBN yang tentunya sejalan dengan program pemerintah provinsi Sumatera Utara dilaksanakan saat ini oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungbalai di seluruh Fasilitas Kesehatan Tanjungbalai.

Dikatakan,"saya juga masyarakat Kota Tanjungbalai untuk bersama-sama mendukung program pelayanan sejuta akseptor KB, dengan cara mendatangi tempat fasilitas kesehatan yang menjadi tempat pelayanan KB. Tentunya dengan tetap mengikuti standar kesehatan penanganan covid-19,tuturnya.

Kegiatan ini  terlaksana berkat kerjasama Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Tanjungbalai bersama Kodim 0208/AS melalui program bhakti sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan Kota Tanjungbalai tahun 2020.

“Mari kita sukseskan pelayanan sejuta akseptor ini dengan mendatangi tempat pelayanan KB pada tanggal 29 Juni hingga pukul 15.00 Wib tentunya dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan covid-19. Gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan,” pungkas Syahrial.

Kadis Pengendalian dan Penduduk Ernawaty melaporkan,untuk sementara target minimal pada pelayanan KB serentak tersebut yakni minimal 234 untuk 6 (Enam) kecamatan, dengan rincian IUD 12 buah, implan 49 set , suntik 72 vial, Pil 77 buah dan Kondom 24 buah.

”Target tersebut adalah target minimal, tentunya lebih banyak peserta akan lebih bagus dan jumlahnya tidak akan dibatasi karena berdasarkan laporan dilapangan hingga saat ini peserta yang mengikuti sudah melebihi target dan telah mencapai 310 peserta,” tuturnya.

bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelayanan KB gratis tersebut dipersilahkan untuk menghubungi atau berkoordinasi dengan Dinas Pengendalian Penduduknya dan KB Kota Tanjungbalai atau langsung ke PPKBD/SUB PPKBD/PLKB yang ada di masing-masing kecamatan. Untuk jadwal pelayanan KB serentak tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 juni 2020 dijadwalkan pukul 08.00 Wib – 15.00 Wib di masing-masing kecamatan,tambahnya.

Jumlah yang ditargetkan itu adalah target minimal, jadi kalaupun ada yang daftar melebihi dari jumlah target tersebut, tetap akan dilayani, asalkan mereka mendaftar terlebih dahulu ke PPKBD/SUB PPKBD/ PLKB kecamatan,” ujarnya.

Sama seperti yang telah disampaikan bapak Wali Kota tadi, kami mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan tersebut. Kemudian pelayanan Akseptor KB Serentak tersebut juga akan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19, seperti penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas, kemudian para akseptor KB tetap mengenakan masker, menjaga jarak (physical distancing), mencuci tangan serta menerapkan protokol kesehatan lainnya,”tandasnya.[P4/Rimanto]
Komentar Anda

Berita Terkini