BI Sumut Akan Gelar ‘Digifest Sumatera 2020’

/

/ Kamis, 13 Februari 2020 / 15.23 WIB
 
Kepala BI KPw Sumut, Wiwiek Sisto Widayat. (foto:P4/isya)

Pilarempat.com-Medan :  Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Provinsi Sumut akan mengadakan kegiatan Digifest Sumatera 2020, Sabtu- Minggu (29 Februari - 1 Maret 2020) mendatang bertempat, di Santika Convention Centre Medan.

Berkembangnya teknologi telah mendorong lahirnya beragam inovasi dibidang sistem pembayaran diberbagai sektor, termasuk dibidang layanan sistem pembayaran seperti QRIS (Quick Response Indonesian Standard) yang merupakan standar baru penyelesaian transaksi pembayaran dimasyarakat.


Digifest Sumatera 2020 merupakan kegiatan pameran inovasi layanan sistem pembayaran dan ekonomi digital di Sumatera Utara dan juga akan diselenggarakan secara serentak di seluruh Kantor Perwakilan BI di Sumatera.


Kepala BI KPw Sumut, Wiwiek Sisto Widayat menjelaskan, Event yang mengusung tema “Inovasi Teknologi Pembayaran dalam Mengakselerasi Digital Economy”.

‘Diharapkan kegiatan Digifest Sumatera 2020 dapat menjadi langkah awal bagi masyarakat Sumatera untuk bukan sekedar mengenali potensi yang dimiliki namun juga dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi dan inovasi yang telah tersedia, khususnya dibidang sistem pembayaran serta turut berpartisipasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Sumatera,” ungkap Wiwiek, Kamis (13/2/2020).

Selain itu, jelas Wiwiek, Bertujuan memperkenalkan inovasi-inovasi dibidang sistem pembayaran serta produk/jasa ekonomi digital yang telah hadir di Sumatera dan sekaligus untuk memberikan pengetahuan, edukasi dan awareness terhadap perkembangan inovasi layanan sistem pembayaran.


Kegiatan ini direncanakan dibuka Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, bertujuan untuk mendorong penggunaan sistem pembayaran nontunai, dengan mensosialisasikan kewajiban penggunaan QRIS untuk seluruh pembayaran melalui kanal QR Code di Indonesia.


“Pada event itu kita juga akan memperkenalkan inovasi teknologi dan layanan digital yang telah tersedia di Sumatera,” kata Wiwiek.
Digifest Sumatera 2020 ini, sebutnya, akan diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia di pulau Sumatera, baik KPw Provinsi maupun Kota.

Edukasi QRIS & Ekonomi Digital
Pada Digifest Sumatera 2020 nantinya akan diramaikan dengan pameran umum, coaching clinic QRIS serta talkshow. Dijelaskan Wiwik, talkshow ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kebijakan BI, perkembangan dan tantangan ekonomi digital serta memperkenalkan layan an-layanan perbankan

Wiwiek mengatakan, pada acara talkshow nantinya akan mengambil beberapa topik seperti kebijakan sistem pembayaran BI yang bertujuan untuk mensosialisasikan visi-misi dan kebijakan-kebijakan BI di bidang sistem pembayaran, khususnya QRIS.


Narasumber dalam acara talkshow nantinya, selain menghadirkan pimpinan BI Pusat, juga menghadirkan praktisi ekonomi digital maupun asosiasi perbankan di wilayah kerja Sumatera, khsusunya di Sumut.
Menurut Wiwiek lagi, edukasi ekonomi digital sangat penting yang tujuannya meningkatkan pengetahuan dan awareness masyarakat terkait perkembangan ekonomi digital, risiko dan tantangan yang akan dihadapi serta potensi yang dapat dimanfaatkan,


"Pada talkshow nantinya juga akan disampaikan topik lainnya yakni layanan perbankan dengan tujuannya memberikan edukasi terkait perkembangan inovasi layanan perbankan serta meningkatkan akses layanan jasa keuangan", ujarnya.


Acara Digifest Sumatera 2020 akan dihadiri audiens dari kalangan pelajar, mahasiswa, akademisi, kaum milineal, pelaku usaha serta  pemerintah daerah. (P4).
Komentar Anda

Berita Terkini