Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Ekonomi, Kepala BI Sumut Resmikan BI Corner SMAN 1 Binjai

/

/ Selasa, 28 Januari 2020 / 11.27 WIB


PILAREMPAT.COM, BINJAI | Sebagai upaya meningkatkan minat baca dan pemahaman atau literasi ekonomi khususnya tentang Bank Indonesia (BI), Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sumut, Wiwiek Sisto Widayat meresmikan BI Corner SMAN 1 Binjai, di aula sekolah tersebut, jalan WR.Soepratman Kota Binjai, Senin (27/01/2020).
Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, peresmian BI Corner ini merupakan komitmen BI dalam meningkatkan minat baca dan literasi ekonomi kepada masyarakat khusunya kepada para siswa  SMA/SMK dan para guru-guru di Sumatera Utara khususnya di SMAN1 Binjai.
“BI Corner SMAN 1 Binjai merupakan yang ke-17 di Sumatera Utara yang kita bantu dan diresmikan. Target kitan akan menghadirkan 1.000 BI Corner di Indonesia dimana saat ini sudah ada 800 BI Corner. Harapan kami, dengan adanya BI Corner yang semakin merata dan semakin banyak, masyarakat akan mengetahui apa itu Bank Indonesia (BI),” ujar Wiwiek di hadapan Kepala Sekolah SMAN1 Binjai dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Stabat& Binjai, Ichsanul Arifin Siregar,S.STP serta  para siswa dan guru SMAN1 Binjai .
Wiwiek mengungkapkan, program BI Corner merupakan bagian dari bentuk kepedulian sosial BI (PPBI) sejak tahun 2017 BI melakukan transformasi fungsinya dalam masyarakat selain meningkatkan sektor ekonomi dan sumber daya manusia (SDM).
Meskipun sudah 30 tahun lebih mengabdi di BI, Wiwiek mengaku masih ada masyarakat yang belum mengerti apa itu BI. Untuk itu, dia berharap masyarakat mengetahui apa tugas-tugas pokok BI, baik bagaimana mengelola kebijakan moneter hingga mengendalikan inflasi.
“Kita ingin masyarakat mengetahui tugas BI, bagaimana mengelola kebijakan moneter, mengelola perekonomian, mengelola makroprudensial, mengelola sistem perbankan, sistem pembayaran. Itu semua diharapkan bisa dipahami paling tidak dimengerti masyarakat,” ungkapnya.

Lanjut Wiwiek,  masyarakat juga diharapkan mengerti bahwa tugas BI bukan hanya itu. Tetapi ada tugas-tugas kebijakan-kebijakan BI yang juga sangat penting di dalam upaya mendorong perekonomian, stabilisasi harga, dan terutama inflasi.
“Tugas-tugas BI yang spesifik seperti itu, masih banyak masyarakat yang tidak tahu, begitu juga anak-anak sekolah. Nah, pemahaman seperti itu kita sampaikan lewat BI Corner yang menyediakan literatur buku-buku tentang ekonomi dan tentang BI,” jelasnya.


Siswa Sangat Antusias
Sementara itu, Kepala SMAN 1 Binjai Susianto, SPd, MSi menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh BI dengan diresmikannya BI Corner SMAN 1 Binjai.

"Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, mendapat satu akses media pembelajaran bagi peserta didik kami dan guru-guru. Selain itu juga menambah literasi dan literatur tentang keekonomian di SMAN 1 Binjai,” ujarnya.
Menurutnya, para siswa sangat antusias dengan hadirnya BI Corner tersebut. Bahkan, meskipun belum diresmikan para siswa sangat antusias untuk membaca buku-buku tentang ekonomi dan BI tersebut.
“Ini belum diresmikan bapak Wiwiek, anak-anak siswa kita sangat antusias mengunjungi BI Corner. Ada 303 judul buku, dan  kunjungan setiap hari  rata-rata 60-80 tercatat di buku tamu, mereka sangat antusian sekali membacanya. Ini suatu kebanggaan bagi SMAN 1 Binjai karena bantuan BI Corner ini sangat bermanfaat,” ungkap Susianto. (P4/isya)




Komentar Anda

Berita Terkini