-->

GPEI Siap Jajaki Produk UMKM di Sumut

/

/ Sabtu, 24 Agustus 2019 / 13.06 WIB




Medan,Pilarempat.com |  Medan-Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) siap menjajaki berbagai produk unggulan UMKM diberbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara.
“Kami siap bekerja sama dengan pemda setempat untuk memfasilitasi produk daerah bersangkutan mencari peluang pemasaran baik di dalam maupun di luar negeri,”ujar Ketua Umum DPP GPEI, Khairul Mahalli saat berbincang dengan Sumaterapost di Medan,Sabtu 24/8/2019.
Dia mengungkapkan hal itu setelah melihat beberapa kabupaten/kota memiliki produk UMKM yang bisa dipasarkan secara luas.Namun, perlu ditingkatkan kualitas termasuk kemasan yang bagus.
“Sebab tanpa pemasaran luas sulit bagi pelaku UMKM mengembangkan kapasitas usahanya. Padahal produknya dapat diandalkan. Sebab setiap kabupaten/kota memiliki produk tersendiri. Itu sebabnya perlu pendataan sekaligus dipromosikan, termasuk ke mancanegara” ungkap Khairul Mahalli.

Ketua Umum DPP GPEI, Khairul Mahalli 
Ketua Umum Kadin Sumut ini meyakini bila pemerintah daerah setempat turun tangan dan mendorong pelaku usaha tersebut meningkatkan produktivitas, kreativitas dan inovasi terhadap produk daerah sehingga membuahkan hasil optimal.
Contoh paling dekat lanjutnya seperti pisang punya peluang ekspor ke Jepang. Pisang cavendish sangat digemari masyarakat negeri matahari terbit itu. Lantas bagaimana sekitar 80 % pasar pisang di Jepang yang dikuasai oleh Filipina bisa direbut sebagian oleh Sumut.
“Begitu pula negara tetangga dekat kita Malaysia dan Thailand juga penggemar pisang tanduk yang mereka impor dari Jawa.Bagaimana kalau UMKM Sumut mampu menggenjot ekspor pisang ke negara tersebut,” kata Khairul Mahalli seraya menyebut itu belum lagi berbagai jenis produk lainnya yang memiliki ciri khas.

Dalam hal ini katanya,GPEI akan mencoba berkonsultasi dengan pemda setempat untuk mendongkrak pelaku usaha lebih bergairah mengembangkan usahanya yang telah mereka geluti selama ini. [P4/ril/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini