NICe 2024 Dorong Sektor Investasi dan Booster Investasi di Sumut 'Naik Kelas'

/

/ Kamis, 20 Juni 2024 / 18.07 WIB


Medan, PILAREMPAT.com - 
Nort Sumatera Invest Investment Challenge (NICe) diharapkan mampu mendorong Sektor Investasi dan Booster Investasi di Sumut 'Naik Kelas'.

Nort Sumatera Invest (NSI) yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 Juli 2024, di Kota Medan akan mendorong sektor investasi melalui penggalian peluang investasi potensial melalui program NSI Investment Challenge (NICe).

Peluang investasi tersebut berasal dari 33 kabupaten/kota untuk selanjutnya dilakukan penyusunan dokumen studi pendahuluan peluang investasi. 

Adapun proyek yang diusung merupakan prioritas daerah baik berstatus PSN, BUMN, dan/atau BUMD. Melalui NICe diharapkan dapat menambah referensi bagi calon investor untuk berinvestasi di Sumatera Utara (Sumut) dan booster investasi Sumut naik kelas.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumut, IGK Wira Kesuma melalui Indra Kuspriyadi, Kepala Divisi Implementasi KEKDA, mengungkapkan, sektor investasi memiliki andil yang besar dalam pembentukan pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara pada triwulan I tahun 2024 yang mencapai angka 4,88% (yoy). Dimana sektor investasi berhasil menyumbang 28,92% atau sebagai kontributor terbesar ketiga dari sisi pengeluaran setelah Konsumsi RT dan kinerja Ekspor.

“Berdasarkan capaian tersebut, perlu untuk mendorong sektor investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, salah satunya melalui penyelenggaraan NSI Day 2024,” kata IGK Wira Kesuma melalui Indra Kuspriyadi, Kepala Divisi Implementasi KEKDA dalam acara Bincang-bincang Media (BBM) bersama wartawan, di Kantor KPw BI Provinsi Sumut, Jalan Balai Kota Nomor 4 Medan, Kamis (20/6/2024). 

Lebih lanjut dijelaskannya, Site Visit merupakan kegiatan promosi investasi yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi dan data mengenai proyek-proyek investasi yang ada di Sumatera.

“Sehingga, mereka dapat menyebarluaskan informasi tersebut kepada calon investor di negara asalnya untuk menciptakan dan memperluas pasar investasi, termasuk kehadiran calon investor di NSI Day 2024 pada 3 Juli 2024,” sebut Indra didampingi Yura Djalins, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut dan Wahyu Yuwana, Kepala Divisi Kelompok Perumusan KEKDA Provinsi Sumut. .

Aacara tersebut, terangnya, merupakan flagship event promosi investasi tahunan Sumatera Utara dengan mengusung tema Driving Economic Growth: Unlocking Opportunities through Sustainable Investment, Trade, and Tourism. Tahun 2024, NSI Day akan dikolaborasikan dengan perhelatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI) serta Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU).

“NSI Day meliputi serangkaian agenda diantaranya promosi proyek investasi, one-on-one meeting, seremonial kerja sama investasi, dan booth investasi,” teranga Indra. [P4/sya]




Komentar Anda

Berita Terkini