upati Samosir Pastikan Stok dan Stabilitas Harga Bapokting Jelang Ramadhan

/

/ Kamis, 28 Maret 2024 / 21.19 WIB

 



Samosir,
PILAREMPAT.COM - Menjelang Idul Fitri 1445 H, Bupati Vandiko T. Gultom bersama Wabup Martua Sitanggang dan Forkopimda melakukan monitoring stok Bapokting serta stabilitas harga di Pasar Onan Baru Pangururan.


Ikut hadir Wakil Ketua DPRD Samosir, Asisten II, Wakapolres Samosir T. Panggabean, Kasi Intel Kejari, Kadis Kopnakerindag Kadis Perhubungan, Kabag Perekonomian, Kadis Ketapang dan Pertanian, BPS Kab Samosir serta TPID, Rabu (27/3/2024)


Hal itu dilakuian guna mengetahui kondisi stok ketersediaan bapokting serta memantau harga bahan pokok baik ditingkat agen maupun penjual sekaligus sebagai upaya pengendalian inflasi.


Dari hasil monitoring, stok dan ketersediaan bapokting masih cukup aman menjelang Idul Fitri. Harga juga relatif stabil dan terjangkau namun ada beberapa kenaikan harga pada Bapokting, ada juga mengalami penurunan.


Bawang merah naik harga dari 35. 000/ kg menjadi 45.000, sebaliknya telur ayam ras mengalami penurunan harga dari Rp. 55.000 menjadi Rp. 52.000, sedangkan beras medium berada di harga Rp. 14.000 dan premium Rp. 15.000 sedikit berada diatas HET.


Beberapa Bapokting seperti Gula, minyak goreng, tepung berada pada harga normal. Pantauan pada sejumlah distributor, yakni UD. Tambun dan CV. Rodearni, ketersediaan stok beras aman dan tercukupi.


Bupati menghimbau para pedagang untuk bisa menciptakan harga yang sama terhadap barang yang sama, tidak menaikkan harga secara sepihak serta tidak melakukan penimbunan stok yang mana akan dapat menimbulkan kenaikan harga dan meningkatnya Inflasi.


Sementara itu, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang mengatakan akan tetap melakukan monitoring dengan menurunkan personel dari Dinas yang menangani.


“Dari hasil monitoring terdapat kenaikan harga beras dan beberapa bahan pokok, namun bapokting lainnya seperti gula, minyak goreng, tepung, daging relatif stabil” papar Martua. (P4/MT

Komentar Anda

Berita Terkini