Doa Menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Persiapannya

/

/ Jumat, 08 Maret 2024 / 23.29 WIB

 

foto Ilustrasi sedang berdoa (P4/istinewa)

Bulan Ramadhan adalah momen yang dinanti-nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Ketika bulan yang suci ini akan segera tiba, sebagai umat Islam maka kita dapat membaca doa menyambut Ramadhan.

Terlebih, Ramadhan bukan hanya sekadar bulan puasa, tetapi juga merupakan kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, memperbaiki diri, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa kita panjatkan menyambut bulan Ramadhan:

Bulan Ramadhan adalah kesempatan baik yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya untuk memperbaiki diri, meningkatkan keimanan, serta mendapatkan rahmat dan ampunan-Nya.

Membaca doa datangnya Ramadhan menjadi salah satu tanda keimanan dari seorang mukmin. Hal ini sebagaimana Anda menyambut tamu agung yang telah dinantikan ini.

Anda dapat membaca doa menyambut Ramadhan ini menjelang masuknya bulan Ramadhan. Ada yang membacanya satu hari sebelum Ramadhan, atau tepatnya sebelum waktu Maghrib tiba, ada juga yang dibaca setelah melihat bulan sabit (hilal).

Untuk lebih lengkapnya dalam menyambut kedatangan bulan yang mulia ini, kita bisa membaca doa-doa berikut ini:

1. Doa Memohon Kedatangan Bulan Ramadan

Doa yang pertama paling sering dibaca oleh umat Islam. Sebagaimana diriwayatkan oleh Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, disebutkan Rasulullah SAW membaca kalimat yang dibaca saat Ramadhan datang yang lafalnya sebagai berikut:

أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Latin: Allahumma salimni min ramadlana wa sallim ramadlana lî wa tasallamhu minni mutaqabbalan

Artinya: “Ya Allah, sampaikan aku [dengan selamat menuju bulan] Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, serta terimalah bulan Ramadhan tersebut dari kami.”

2. Doa Agar Dipertemukan dengan Bulan Ramadan

Selanjutnya ada doa yang bisa dibaca saat di Bulan Rajab dan Sya’ban. Doa ini diajarkan oleh Rasulullah dan diterapkan oleh para sahabat nabi, yaitu:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Latin: Allahumma baariklanaa fii rajaba wasya'baana waballighna ramadhoona

Artinya : “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.”

3. Doa Agar Di Bulan Ramadan Mendapat Keberkahan

Tak hanya itu, sebagian umat Islam juga dapat membaca doa sambil meminta keberkahan dan bimbingan. Doa ini diriwayatkan oleh HR Tirmidzi, yang berbunyi:

اللَّهُمَّ أَهْلُهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَ الْإِيْمَانِ وَ السَّلَامِ وَ الْإِسْلَامِ وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَ ارْضَى رَبِّي وَ رَبُّكَ اللَّهُ

Latin: Allahumma ahluhu ‘alayna bil-yumni wal-īmāni was-salāmi wal-Islāmi wa at-tawfīqi limā tuhibbu wa ardā, rabbi wa rabbuka Allāh.

Artinya : “Ya Allah hadirkanlah kepada kami bulan (Ramadhan) ini dengan keberkatan dan keimanan dan dengan damai dan Islam, serta bimbingan dan keberhasilan melakukan apa yang Engkau senangi. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.” (HR Tirmidzi).

4. Doa Menyambut Ramadan dan Diberikan Kemudahan Berpuasa

Lalu, ada juga doa saat Ramadan segera tiba sambil berharap agar berpuasa diberikan kemudahan. Berikut ini doa yang dapat Anda baca:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ. اللَّهُمَّ صَلَّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ. اللَّهُمَّ إِنَّهُ قَدْ دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ اللَّهُمَّ رَبَّ شَهْرِ رَمَضَانَ الَّذِي أَنْزَلْتَ فِيهِ الْقُرْآنَ وَجَعَلْتَهُ بَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ اللَّهُمَّ فَبَارِكْ لَنَا شَهْرَ رَمَضَانَ وَ أَعِنَّا عَلَى صِيَامِهِ وَصَلَوَاتِهِ وَتَقَبَّلْهُ مِنَّا

Latin: Bismillāhirraḥmānirraḥīm. Allāhumma ṣalli ʿalā Muḥammadin wa āli Muḥammadin. Allāhumma innahu qad dakhala shahru Ramaḍāna, Allāhumma rabb shahri Ramaḍāna alladhī anzalta fīhi l-Qur’āna wa jaʿaltahu bayyinātin mina l-hudā wa l-furqān. Allāhumma fa-barik lanā shahra Ramaḍāna wa aʿinnā ʿalā ṣiyāmihi wa ṣalawātihi wa taqabbalhu minnā.

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad. Ya Allah, sungguh bulan Ramadan telah tiba. Ya Allah, Tuhan Pemilik bulan Ramadan, yang di dalamnya Engkau turunkan Alquran.

Dan menjadikannya sebagai penjelas antara petunjuk dan pembeda. Ya Allah, berkatilah kami di bulan Ramadan, bantulah kami dalam menunaikan puasanya dan salat serta terimalah amalan-amalan kami di dalamnya.”

5. Doa Melihat Hilal Ramadan

Kemudian ada juga doa menyambut Ramadhan saat hilal telah terlihat. Doa ini juga bisa Anda baca saat melihat hilal di setiap awal bulan hijrah.

Berikut ini lafaz doanya:

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ.

Latin: Allahu akbar, Allahumma ahillahu 'alaina bil amni wal imaan, wassalaamati wal islaam, wattaufiiq limaa tukhibbu wa tardha, rabbunaa wa rabbukallah.

Artinya: "Allahu akbar, ya Allah jadikanlah Hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufik yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah," (HR Ahmad).

Persiapan Menyambut Ramadhan

Ramadhan bukan hanya sekadar bulan puasa, tetapi menjadi waktu yang baik untuk meningkatkan amalan kepada Allah.

Untuk memasuki bulan penuh berkah ini dengan penuh keberkahan, persiapan yang matang sangatlah penting. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi Ramadan:

Tetapkan Tujuan dan Rencana Ramadhan

Setiap Muslim diharapkan menetapkan tujuan yang jelas dan rencana untuk mencapainya selama bulan Ramadhan. Tujuan tersebut dapat berupa meningkatkan ibadah, meningkatkan bacaan Alquran, meningkatkan amal kebaikan, atau memperbaiki kebiasaan buruk.

Rencana yang baik akan membantu untuk memanfaatkan wahktu dengan lebih efisien dan meraih manfaat yang maksimal dari bulan Ramadan.

Persiapan Mental dan Spiritual

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, penting bagi setiap Muslim untuk mempersiapkan mental dan spiritual. Hal tersebut melibatkan introspeksi diri, mengevaluasi kebiasaan dan perilaku, serta memperbaiki hubungan dengan Allah SWT dan sesama manusia.

Dalam hal ini, persiapan hati dan pikiran dengan memperkuat iman, meningkatkan ketaqwaan, serta menumbuhkan rasa sabar dan ketabahan sangatlah penting. Terlebih selama Ramadhan, kita akan menghadapi ibadah puasa..

Menjaga Kesehatan Fisik

Meskipun Ramadan adalah bulan ibadah, menjaga kesehatan fisik juga sangat penting. Anda bisa melakukan sejumlah persiapan yang berkaitan dengan kondisi fisik seperti menyediakan tubuh dengan nutrisi yang cukup dan seimbang selama sahur dan berbuka.

Anda juga harus tetap aktif secara fisik dengan olahraga ringan agar menjaga stamina selama berpuasa. Penting juga untuk memeriksakan kondisi kesehatan secara berkala, terutama bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu.

Mengatur Jadwal Ibadah

Memasuki bulan Ramadhan, penting untuk mengatur jadwal ibadah secara baik. Hal ini termasuk menetapkan waktu untuk ibadah, seperti salat lima waktu, tarawih, dan membaca Alquran.

Menetapkan waktu khusus untuk berdoa, berdzikir, dan memperbanyak amal kebaikan juga akan menjadi investasi berharga dalam meningkatkan keberkahan ibadah di bulan Ramadhan.

Buat Rencana Menu Berbuka Puasa

Salah satu aspek yang penting dalam persiapan menuju Ramadhan adalah merencanakan menu berbuka puasa yang sehat dan bernutrisi. Memilih makanan yang ringan dan seimbang, serta memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, dan air akan membantu menjaga kesehatan selama berpuasa.

Selain itu, hindari makanan berlemak dan berkalori tinggi agar membantu menjaga berat badan dan kesehatan.

Membiasakan Diri dengan Berbagi

Selain menjalankan puasa, Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah secara keseluruhan.

Untuk itulah, dalam rangka menyambut datangnya Ramadhan, sebaiknya kita memperbanyak amal kebaikan dan memberi sedekah kepada yang membutuhkan. Hal ini untuk membiasakan diri untuk berbagi saat Ramadhan tiba.

Itulah beberapa informasi mengenai doa menyambut Ramadhan dan berbagai persiapannya. Dengan melakukan persiapan yang matang dan tulus, kita akan lebih siap menghadapi bulan Ramadhan dengan penuh kebahagiaan

Dengan segala kemudahan dan keuntungannya, jangan ragu untuk berbagi kepada sesama. Semoga informasi ini bermanfaat. [P4/megasyariah.co.id]

 

 


Komentar Anda

Berita Terkini