Pemilu Menghitung Hari, Bawaslu Sumut Konsolidasi Pengawasan Putungsura Bersama Jajaran

/

/ Rabu, 07 Februari 2024 / 12.26 WIB

Medan. PILAREMPAT.com -- Pelaksanaan Pemungutan Suara tinggal menghitung hari menuju 14 Februari 2024. Bawaslu Sumut dan jajaran terus melakukan konsolidasi pengawasan untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar.

Ketua Bawaslu Sumut M.Aswin Diapari Lubis meminta Bawaslu Kabupaten/Kota untuk fokus mengawasi tahapan.

“Tetap semangat Bapak/Ibu semua, kita harus sungguh-sungguh demi pelaksanaan pemilihan yang damai,” ungkapnya saat memberi arahan pada Rapat Koordinasi Pengawasan Pemungutan Suara di d’Prima Hotel Kualanamu Deli Serdang (6/2/2024).

Anggota Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang mengingatkan Bawaslu Kabupaten/Kota untuk mengawasi pendistribusian C.PEMBERITAHUAN-KPU.

“Sampaikan ke Pengawas TPS untuk mengawasi pendistribusian undangan memilih atau C.PEMBERITAHUAN-KPU dan dipastikan sampai ke pemiliknya, cek dalam DPT pemilih yang sudah atau belum menerima C.P-KPU tersebut,” kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Parmas Bawaslu Sumut ini.

Suhadi juga meminta jajaran untuk memberi pemahaman ke Pengawas TPS pada pelaksanaan pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024 untuk mempedomani Buku Panduan PTPS.

“Silahkan dibaca dan dipahami, sampaikan ke buku panduan tersebut ke PTPS, karena banyak potensi kerawanan yang mungkin terjadi, misalnya terkait pemilih dalam DPT dan DPTb. Didalam undangan tertulis jam tertentu untuk memilih, sehingga ketika yang bersangkutan datang lebih cepat atau terlambat datang dari jam yang ditentukan, pemilih merasa tidak bisa memilih lagi, karena ketidakpahaman terkait aturan kepemiluan. Ini harus diluruskan oleh PTPS kita, bahwa pemilih dalam DPT dan DPTBb berhak memilih dari pagi mulai jam 7 pagi. Kita harus memberikan edukasi kepada masyarakat karena akan berpengaruh kepada partisipasi masyarakat,” katanya.

Sementara itu Romson Poskoro Purba selaku Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Sumut meminta pengawas untuk menuangkan semua hasil pengawasan kedalam LHP.
“Semua hal yang kita awasi tuangkan dalam Laporan Hasil Pengawasan, berikan data dan informasi hasil pengawasan secara berjenjang dan pastikan juga jajaran kita melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Senada Anggota Bawaslu Sumut Johan Alamsyah mengharapk kegiatan-kegiatan yang dilakukan pengawas dilakukan dengan baik. ”Bahwa semua kegiatan yang kita lakukan akan mengoptimalkan kerja-kerja pengawasan kita masing-masing,” ungkap Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sumut ini.

Di akhir sambutan pembukaan, Koordinator Divisi Hukum dan Diklat Bawaslu Sumut Payung Harahap meminta Bawaslu Kabupaten/Kota bertanggungjawab atas pelaksanaan tugas di wilayah masing-masing.

” Semua kegiatan kita sekarang beririsan dengan tahapan yang berlangsung, maka kita harus optimal melakukan pengawasan, tanggungjawab harus dilaksanakan hingga kejajaran bawah, dinamika yang terjadi harus dihadapi dan saya berpesan kepada sahabat-sahabat semua masing-masing harus bisa menanggungjawabi Kabupaten/Kota hingga jajaran PTPS,” tegasnya.

Hadir sebagai peserta dalam rakor ini, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumut, perwakilan Panwas Kecamatan dari masing-masing Kabupaten/Kota di Sumut. [P4/sya]
Komentar Anda

Berita Terkini