Bupati Samosir Teken MoU dengan USU Sebagai Peningkatan Kapasitas Instituti

/

/ Sabtu, 20 Januari 2024 / 21.43 WIB

 

Samosir, PILAREMPAT.COM - Bupati Vandiko T. Gultom bersama Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU), Rabu (17/01/2024)

Turut dihadiri, Wakil Rektor III USU, Dekan Fakultas Kedokteran, Wakil Dekan III FK USU, Direktur RS Pendidikan, Direktur Direktorat Internasionalisasi dan kemitraan global, Manager Kemitraan Global.

Bupati yang didampingi, Asisten I, Kepala Bappedalitbang, Kadis Ketapang Pertanian, Kadis Dikpora, Kadis Perhubungan Kadis Kominfo, Kadis Budpar, Kadis Kesehatan, Kadis Kopnakerindag, Direktur RSUD dr Hadrianus Sinaga Pangururan Iwan H. Sihaloho.

MoU tersebut dilaksanakan untuk peningkatan kapasitas institut dan peningkatan sumber daya manusia (SDM), meliputi bidang pendidikan dan pelatihan, kesehatan, pertanian, perikanan dan peternakan, bidang pariwisata, perindustrian dan perdagangan, penelitian.

Bupati mengatakan, kerjasama dengan USU merupakan perpanjangan dari tahun sebelumnya dan sangat penting sebagai upaya peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Terbukti dengan penempatan mahasiswa KKN USU di Kabupaten Samosir, membawa dampak yang baik bagi masyarakat.

“Sebagai salah satu Universitas terbaik di Sumut menjadi penting bagi Samosir. Akademisi lebih memahami daripada yang di birokrat. Harapannya USU lebih banyak lagi membantu Samosir memberikan masukan, saran dan juga pengetahuan. Kami mengundang para akademisi dari USU sebagai pusat kajian”, tuturnya.

Rektor USU, Prof.Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M. Si berharap MoU dapat meningkatkan kerjasama USU dengan Samosir dan pada prinsipnya mengaku sangat senang dengan adanya perubahan dikalangan masyarakat Samosir atas kedatangan mahasiswa KKN USU.

Untuk itu, Muryanto mengatakan perlu kesepakatan program prioritas sehingga terkoneksi dengan program yang sudah direncanakan di Samosir. “Apa yang penting bisa kami support termasuk mengalokasikan pendanaan juga. Kami siap membantu OPD membuat sebuah rancangan program yang bisa disupport melalui kampus sehingga Samosir dengan potensi ekonominya yang cukup banyak dapat dikembangkan”, ucapnya. (P4/MTurnip)

Komentar Anda

Berita Terkini