Bupati Samosir Lanjutkan Pelayanan Bunga Desa

/

/ Selasa, 30 Januari 2024 / 23.31 WIB

Samosir, PILAREMPAT.COM - Bupati Samosir Vandiko T Gultom melanjutkan Program Bunga Desa. Pelayanan sebagaimana biasanya ditingkat kabupaten ke Desa Hutaginjang.

Pendekatan kepada masyarakat merupakan upaya membantu dan memudahkan mendapatkan pelayanan. Sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan hal yang sama dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir. Layanan gratis antara lain pengurusan Administrasi Kependudukan, kesehatan gratis, BPJS, pelayanan KB, penyuluhan stunting dan sosialisasi kekerasan perempuan dan anak, UMKM terkait manajemen usaha dan pengembangan aktivitas kerajinan, perijinan berusaha, pembuatan pupuk organik/POP.


Selain itu, memberikan bantuan pupuk organik kepada kelompok tani, pendidikan untuk memotivasi siswa berprestasi bagi siswa yatim piatu.


Turut hadir, Anggota DPRD Samosir, Asisten III, Kadis Kominfo, dan pimpinan OPD, Camat Palipi, bersama Forkopicam Palipi, Selasa (30/1/2024) di Samosir


Kehadiran Vandiko disambut antusias masyarakat bersama tokoh masyarakat. “Kami bersama masyarakat mengapresiasi dan bersyukur, semoga dapat menambah pembangunan juga peningkatan SDM” tutur Kepala Desa Ropendi.


Sementara itu, Vandiko menyampaikan, kehadirannya untuk melihat langsung kondisi desa, dan menampung keluhan masyarakat, memotong birokrasi sehingga kebutuhan dapat dieksekusi langsung. Diingatkan agar Kepala Desa dan perangkat desa untuk memahami tupoksi, dan melayani dengan tulus. Demikian halnya antara Kepala Desa dan BPD diimbau untuk bersinergi, menjalin komunikasi yang baik serta mengesampingkan ego sektoral demi pelayanan.


“Kami membawa pelayanan agar lebih dekat kepada masyarakat, semuanya bersifat gratis. Dengan kehadiran pelayanan maka biaya yang seharusnya dikeluarkan tidak perlu lagi dan sudah bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya,” katanya.


Bupati memastikan bahwa seluruh kelompok tani di Samosir mendapatkan bantuan pupuk yang dilaksanakan dari tahun ke tahun demi peningkatan perekonomian masyarakat dan sebagai solusi keterbatasan pupuk bersubsidi dari pemerintah. Sesuai komitmen untuk menjamin kesehatan masyarakat. “Posisi sekarang sudah mencapai 99 persen masyarakat mendapatkan BPJS dan buktinya sudah mendapat penghargaan UHC,” ucapnya


Dengan target pencapaian ini, masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan kesehatan, cukup dengan membawa KTP dan pengurusan BPJS bisa langsung aktif


Selain mengecek pembangunan tahun 2023, berkat sinergitas Pemkab Samosir bersama pemerintah pusat, Vandiko menyampaikan bahwa tahun 2024 pembangunan jalan hotmix pada jalan poros Hutaginjang akan dilakukan dengan nilai 9,9 Milyar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).


Rehabilitasi SDN 12 Hutaginjang sebesar 1 Milyar dari APBD Samosir diberikan tambahan anggaran 100 juta rupiah membantu rekontruksi jalan umum di Desa Huta Ginjang, pembangunan. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini