Bupati Samosir Dukung Kegiatan KKN Bersama Internasional

/

/ Senin, 29 Januari 2024 / 21.22 WIB

 


Samosir, PILAREMPAT.COM - Menindak lanjuti kerjasama Bupati Samosir Vandiko T Gultom dengan Rektor USU pada saat Penandatanganan MoU, maka Universitas Sumatera Utara (USU) akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama Internasional di Samosir.


Hal ini ditegaskan Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) USU, Rudy Sofyan saat audiensi yang diterima langsung Bupati, Senin (29/1/2024) di Pangururan.


Disebutkan Rudy, USU melalui lembaga pengabdian masyarakat telah mendapat mandat dari Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Wilayah Barat (BKS PTN-Barat) untuk KKN bersama Internasional. Sehingga pihaknya memilih Samosir sebagai lokus utama. Selain diikuti PTN wilayah barat, juga mahasiswa luar Negeri yang rencananya akan ditempatkan pada 8 desa di Samosir dan 2 lokasi di Karo dengan jumlah ± 100 mahasiswa perwakilan dari setiap perguruan tinggi.


“Kami tetap mengharapkan koordinasi bersama Pemkab Samosir tentang penempatan mahasiswa ini sehingga sesuai dengan kebutuhan pemerintah maupun masyarakat,” ucapnya.


Kepala KUI USU bersama rombongan disambut hangat Bupati Samosir didampingi Kadis Pendidikan, Kepala Bappeda Litbang, Kadis Pariwisata, Kabid IKP Kominfo. Atas nama Pemkab Samosir Vandiko mengucapkan terima kasih kepada USU yang telah melakukan tindak lanjut pengembangan SDM yang telah disepakati dalam MoU.


“Terima kasih sudah memilih Kabupaten Samosir sebagai lokus utama. Kami menyambut baik kegiatan ini dan siap berkoordinasi” ucap Bupati.


Bupati berharap, hendaknya mendapatkan manfaat, baik mahasiswa maupun Pemkab Samosir/masyarakat mendapat ilmu yang diterapkan. Untuk itu ia meminta agar basic mahasiswa disesuaikan kebutuhan desa sehingga dapat menggali potensi maupun sumber daya sesuai dengan plan desa.


“Untuk itu, mahasiswa perlu koordinasi pemerintah daerah sehingga pemilihan lokasi dapat diatur dan kehadiran mahasiswa mampu membawa dampak yang baik bagi masyaraka,” sebut Vandiko.


Turut hadir dari USU, Pengelola KKN USU, Rusdi Noor Rosa, Junedi Ginting dan Staf LPPM Beni Siswanto. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini