KPU Sumut : Media dan Pers Mitra Penting Menyukseskan Pemilu Tahun 2024

/

/ Selasa, 05 Desember 2023 / 20.15 WIB

(foto:istimewa)

MEDAN, PILAREMPAT.com -- Media dan pers merupakan salah satu mitra penting yang diharapkan ikut menyukseskan Pemilihan Umum tahun 2024. Selain itu, sebagai media informasi pers juga punya peran sangat penting melakukan kontrol untuk mengawasi jalannya pesta demokrasi itu.

Hal itu disampaikan Ketua Divisi SDM KPU Sumatera Utara, Robby Effendi saat membuka ‘Diskusi dan Peningkatan Peran Media pada Pemilihan Umum Tahun 2024’ di Hotel Emerald, Medan, Selasa (05/12/2023).

Diskusi menghadirkan para narasumbernya lainnhya, yaitu  Anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sumut, M Syafi’i Sitorus, Anggota KPU Sumut, Sitori Mendrofa dan Wakil Ketua PWI bidang Pendidikan PWI Sumut, Sugiatmo tersebut.

Robby Efendy juga menjelaskan kalau kegiatan ini merupakan bukti komitmen KPU Sumut yang selalu tetap menjalin kerjasama dengan media/pers sebagai mitra strategis.

Pengawas Partisipatif

Menurut Robby Effendi, pers juga insan wartawan telah menjadi mitra bagi KPU tidak hanya sebagai peran menyampaikan informasi tentang kepemiluan akan tetapi menjadi mitra sebagai pengawas partisipatif.

“Pada prinsipnya pemilu tidak hanya pergelaran bagi peserta pemilu ataupun pemilih. Akan tetapi, pagelaran bagi semuanya termasuk pengawas, pers dan masyarakat seluruh Indonesia,” ujarnya.

“Pada hakikatnya Pemilu tidak hanya tanggung jawab KPU, tetapi masyarakat luas termasuk pers,” imbuh Robby, didampingi anggota KPU Sumut lainnya Raja Ahab dan Sitori Mendrofa.

Dalam beberapa kesempatan rakor di KPU Pusat, selalu ditegaskan pers sebagai mitra stratgis dalam menyambung informsai kegiatan KPU demi peningkatan partisipasi pemilih,” katanya didampingi anggota KPU Sumut lainnya Raja Ahab dan Sitori Mendrofa.

Robby menjelaskan, diskusi yang digelar ini diharapkan menghasilkan berbagai masukan mengenai pola-pola kerjasama antara KPU Sumatera Utara dengan kalangan media. Hal ini menjadi penting mengingkat KPU Sumut juga memiliki tugas menyukseskan pemilu termasuk beban moral untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Hanya saja perlu kita pahami bersama bahwa KPU ini berbeda dengan instansi lain yang dipimpin seorang dengan sebutan jabatan kepala. Kalau kami pimpinannya disebut ketua yang artinya semua kebijakan harus dibicarakan untuk diputuskan,” ungkapnya.

Selain itu, melalui kegiatan ini KPU Sumut juga berharap peran serta dari seluruh kalangan media dalam mempublikasikan berbagai kegiatan yang sudah mereka lakukan berkaitan dengan tahapan pemilu.

Di antaranya yakni rekrutmen KPPS yang akan berlangsung pada 11 Desember 2023 mendatang hingga informasi mengenai pergerakan distribusi pemilu 2024 yang sudah mulai berjalan ke beberapa daerah. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini