Pemkab Samosir Gelar Ritual Budaya Batak Sambut Aquabike Jetsky World Championship

/

/ Senin, 20 November 2023 / 23.21 WIB

Samosir, PILAREMPAT.COM - Lembaga Adat dan Budaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Desa Pardomuan I menyelenggarakan Ritual menyambut pelaksanaan Event Aquabike Jetsky World Championship 2023 di Zona 4, Desa Pardomuan.


Hal ini juga dilakukan lewat Turpuk Siopat Ina (Simbolon, Tamba tua, Nadeak, Silalahi) untuk Kesuksesan event berskala Internasional di kawasan Danau Toba Samosir serta rencana peresmian Water Front City Pangururan. Ritual merupakan kebiasaan masyarakat sekitar Danau Toba saat menghelat sebuah acara.


Bupati Samosir diwakili SAB Rudi SM. Siahaan mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bagian dari budaya batak, yang dilaksanakan di Zona 4 (Taman rohani) berdasarkan lokasi yang penuh anugerah, menerima berkat dari Tuhan yang sekaligus menyambut perhelatan akbar di Danau Toba, Pemkab Samosir telah melaksanakan secara kerohanian dan sekarang dari sisi adat budaya.


Berharap, acara ritual adat dapat dilaksanakan sesuai adat kebiasaan dalam kehidupan masyarakat sebagai tuan rumah penyelenggaraan event.


“Acara adat dan doa tersampaikan dengan baik sehingga apapun kegiatan yang dilaksanakan akan sukses dan lancar,” ucapnya, Senin (20/11/2023)


Ketua Lembaga Adat dan Budaya Desa Pardomuan I, menyampaikan, terimakasih kepada Pemkab Samosir dan penghargaan terhadap adat dan budaya.


Ditambahkan, hal ini merupakan wujud menghargai dan menghormati kearifan lokal yang berlaku di masyarakat di kawasan Danau Toba.


Acara dihadiri Hermin Esti Setiawaty dari Kemenkomarves, PPK Water Front City, Enda Simakasura Ketaren, tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Pardomuan I Pangururan. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini