Ketua PWI Pusat, Hendri CH Bangun : Menjadi Wartawan itu Tidak Gampang apalagi Mengelola Media...

/

/ Senin, 06 November 2023 / 22.51 WIB

 


MEDAN, PILAREMPAT.com  Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Hendry CH Bangun (foto)  bersama ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, SE menghadiri pelaksanaan kegiatan Workshop Pra UKW Sumut angkatan ke 59 tahun 2023 di ruang Tulip lt 2 Hotel Swiss-Belinn, Senin (6/11/2023).

Kehadiran Ketua PWI Pusat Hendry Bangun bersama Ketua PWI Sumut, disambut sekretaris PWI Sumut, SR Hamonangan Panggabean bersama jajaran pengurus dan seluruh peserta Workshop Pra UKW yang pada saat itu sedang mengikuti pelatihan dari para mentor.

Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik langsung menyalami seluruh peserta pelatihan Workshop dan mengucapkan selamat mengikuti UKW yang akan dilaksanakan dua hari yakni Selasa dan Rabu tanggal 7 – 8 November 2023.

Dalam kata sambutannya, Ketua PWI Pusat, Hendry CH Bangun mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang akan berjuang mengikuti ujian kompetensi wartawan baik dari tingkat Muda, Madya dan Utama.

Menurutnya, mudahnya menjadi wartawan saat ini, begitu diberi surat tugas sudah menjadi wartawan. ” Ini disebut mendadak wartawan,” sebut nya.

Dijelaskan Hendry CH Bangun, saat ini sangat sulit mencari wartawan yang profesional apalagi ditengah masif nya arus media cyber saat ini. kebanyakan Wartawan saat ini ujar Hendry CH Bangun hanya berteman, sehingga berita hanya modal share.

“Dampaknya, wartawan tidak lagi menghasilkan berita berkualitas dan berita yang tayang terkesan copy paste karena isinya sama. Dijaman saya, ketika ada liputan, pastilah ketika terbit isinya tidak sama dari wartawan yang lain. Maka wartawan itu harus disiplin waktu sehingga tidak ketinggalan ketika ada liputan. Dan jangan sampai salah nama dan pangkat, agar tidak terjadi kesalahan total. Itulah gunanya datang cepat. Dan jika datang terlambat maka akan ketinggalan informasi. Karena setiap media itu bersaing,” ungkapnya.

Dia juga menghimbau kepada wartawan dapat membuat relis dengan jumlah nara sumber harus lebih dari satu. ”Kalau di media online sering sekali membuat hanya satu narasumber,” katanya.

Hendry CH Bangun juga mengharapkan peserta yang mengikuti UKW adalah benar wartawan. Disebut lagi pelaksanaan UKW dibagi pada tiga (3) kelompok antara lain Muda, Madya dan Utama.

“Muda adalah wartawan lapangan, madya adalah pengelola dan utama adalah evaluasi. Ini berdasarkan kesepakatan piagam Palembang dimana ada 22 perusahan pers saat itu menghunjuk peningkatan wartawan pada Dewan Pers,” jelasnya.

Ketua PWI Pusat terpilih ini pun menjelaskan tugas dan fungsi wartawan muda, madya dan utama pada perusahaan pers.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh peserta pra UKW untuk dapat menjalankan profesi wartawan dengan mengikuti dan mematuhi Kode Etik Jurnalis (KEJ), dan Undang Undang Pers No.40 Tahun 1999 ditambah UU lainnya.

Di akhir kata sambutannya tersebut, Hendry CH Bangun berharap, seluruh peserta UKW, muda, madya, dan utama dapat lulus dengan hasil yang kompeten. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini