Jelang Pelaksanan Event Aquabike, Pemkab Samosir Gelar Temu Pers

/

/ Rabu, 22 November 2023 / 17.17 WIB


Samosir, PILAREMPAT.COM - Untuk pelaksanaan event Aquabike Jetski World Championship di Samosir, 22 – 26 Nopember 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Komunikasi dan Informatika(Kominfo) menggelar Temu Pers di Kawasan Zona 4 Waterfront City Pangururan, Senin (20/11/2023).


Pertemuan itu dihadiri Bupati Samosir didampingi Pj. Sekda Rita Tavip Megawati, Kadis Kominfo, Kadis Budpar, dan Kadis Perhubungan.


Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang mengatakan, hal ini dilaksanakan untuk menjalin komunikasi bersama para jurnalis di Samosir dan sebagai sarana informasi secara khususnya untuk kegiatan event Aquabike World Championship 2023.


Bupati menjelaskan, pelaksanaan Aquabike Jetski World Championship akan dihelat di Danau Toba dengan tuan rumah 4 (empat) Kabupaten, yakni, Karo, Dairi, Samosir dan Toba. Di Samosir sebagai salah satu tuan rumah akan berlangsung acara puncak pada tanggal 24 Nopember 2023, namun sudah diisi dengan berbagai side event sejak tanggal 19 hingga 25 Nopember 2023.


Bupati berharap para jurnalis dapat menginformasikan seluas-luasnya seluruh rangkaian even ini, dengan demikian para pengunjung akan berdatangan dan akan berdampak positif dalam membangkitkan ekonomi lokal.


Even yang akan diikuti oleh 128 rider dari 22 negara, termasuk 10 rider Indonesia, berlangsung sejak 22 sampai 26 Nopember 2023.


Pada hari acara race di Samosir, Jumat (24/11), kegiatan akan diawali dengan Opening Ceremony, Pameran UMKM, Kompetisi Solu Bolon 8 Kabupaten, Aquabike Jetski World Championship (Samosir Cup) dan penampilan Artis Nasional Armada Band, Marsada Band dan artis-artis lokal. Side even di Samosir akan ditutup pada hari Sabtu (25/11) dengan Pameran UMKM dan Pagelaran Opera Batak.


“Setiap hari akan ada kegiatan pendukung, maka bantu kami untuk menginformasikan kepada masyarakat, sehingga ekonomi lokal kita bangkit kembali dan pelaksanaan Aquabike dapat berlangsung sukses,” tutupnya.


Selanjutnya, Kadis Perhubungan Laspayer Sipayung menjelaskan terkait manajemen rekayasa lalu lintas selama even berlangsung, lokasi kantong parkir, serta kesiapan shuttle bus dan moda transportasi akses keluar masuk Samosir. Untuk rekayasa lalu lintas sudah dikaji dan simulasi berdasarkan masukan dari Kemenhub, Dishub Provsu, Ditlantas Poldasu bersama Polres Samosir. Akan ada jalur yang ditutup untuk umum yang hanya diperuntukkan untuk VIP.



“Disetiap persimpangan dan setiap lokasi parkir akan kita tempatkan personel gabungan Dishub, TNI dan Polri untuk mengarahkan”, jelasnya


Terkait moda transportasi akses keluar masuk Samosir, Laspayer sudah meminta kesiapan seluruh manajemen kapal penyeberangan untuk siap dan melayani 24 jam penuh.


Pada kesempatan tersebut, Pj. Sekda Rita Tavip Megawati mengajak seluruh jurnalis yang ada di Samosir bersama-sama untuk mensukseskan pelaksanaan Aquabike di Samosir.


“Mari kita beritakan hal-hal yang positif, jika ada kekurangan sampaikan langsung kepada kami sebagai bahan masukan dan evaluasi”, ajak Rita.


Terkait dengan belum selesainya pembangunan Waterfront City secara keseluruhan, SAB Rudi SM. Siahaan selaku Koordinator Side Even, menyampaikan bahwa awalnya memang pembangunan Waterfront City dilakukan bukan untuk pelaksanaan even Aquabike.


“Harapan saya even ini akan memberikan multiplier effect secara langsung kepada masyarakat dan ekonomi lokal. Dari Pemkab Samosir, kita sudah siap sebagai tuan rumah dan akan memberikan yang terbaik, tentu dengan dukungan bapak/ibu insan pers sekalian. Bersama kita bisa untuk mesukseskan even ini,” tutup Bupati. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini