Bupati Samosir Ajak IDN Australia Kerjasama

/

/ Selasa, 24 Oktober 2023 / 18.10 WIB

Samosir, PILAREMPAT.COM - Kunjungan Indonesia Diaspora Network (IDN) Australia di Samosir disambut baik Bupati Samosir Vandiko T. Gultom.


Melalui Kunjungan tersebut diharapkan terjalin kerjasama antara Pemkab Samosir dengan IDN Australia.


Hal ini disampaikan Bupati saat acara kunjungan IDN Australia di rumah Dinas Bupati, Selasa (24/10/2023).


IDN Australia yang hadir diantaranya President IDN Australia Hendra Wijaya, Wakil President IDN Australia Ben Tampubolon, Former President IDN Pert, Haris Kumar, Sesepuh IDN Australia, Rasyid, Vetta Yetti dari Kementerian Perdangangan RI, Event Organizer IDN Australia, Cristine Damanik, hadir juga mendampingi Bupati, jajaran OPD, Pabung O210 TU G. Sebayang, Danramil Pangururan, Camat Pangururan.


Kerjasama diharapkan dapat lebih komplit untuk promosi produk-produk UMKM dan pariwisata Kabupaten Samosir di Australia. “Terima kasih dan semoga dapat berkunjung kembali menikmati pariwisata dan UMKM sehingga kedepan bisa dipasarkan di Australia,” harapnya.


“Kami mengucapkan terimakasih atas kunjungan Diaspora Australia, terima kasih sudah memilih Samosir sebagai tujuan. Selamat datang di Negeri Indah Kepingan Surga titik Nol Peradaban Batak,” ucapnya.


Presiden IDN Australia, Hendra Wijaya mengatakan, bahwa kunjungannya bersama tim ke Samosir untuk melihat langsung potensi pariwisata, kebudayaan, perdangangan dan investasi.


Menurutnya, pariwisata di Samosir merupakan suatu bentuk yang menarik bagi semua orang.


“Saya rasa akan menjadi bentuk promosi yang sangat bagus, sehingga teman-teman di Australia dapat menikmati keindahan alam Kabupaten Samosir,” icapnya.


Hendra Wijaya yang merasa terhormat dengan jamuan makan khas Batak memuji keindahan Sibea-bea, diyakini akan dapat menarik wisatawan lokal dan luar negeri.


Sementara itu, Wakil President IDN Australia, Ben Tampubolon berharap ada tindak lanjut kedepan, seperti halnya membantu Kopi Samosir yang sudah memiliki kemasan yang bagus dapat masuk ke Australia. Menjadi rekan kerja, membawa teknologi yang ada di Australia ke Samosir dan sebaliknya membawa produk Samosir untuk dipromosikan di Australia.


Ben Tampubolon menambahkan, dengan adanya berbagai kerjasama kedepan, melalui off-road pihaknya dapat membawa 30-an club offroading untuk menikmati alam yang menantang. Melalui pendidikan, dijelaskan masyarakat Indonesia datang ke Australia menimba ilmu, bekerja, menabung dan pulang ke Indonesia membuka usaha.


“Meski kami hidup di Australia hati kami ada di Indonesia, selanjutnya kami akan membuat rangkuman dan melaporkan kepada Dubes dan Komjen serta dengan senang hati akan membantu promosi Kabupaten Samosir. Inilah kerinduan hati kami, tidak hanya ngomong saja,” ungkapnya.


Sebagai tanda kehormatan, Bupati memberikan ulos kepada President IDN Australia dan rombongan. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini