Safari Subuh di Kota Binjai, Wakapoldasu Ajak Masyarakat dan Alim Ulama Menjaga Keamanan dan Persatuan di Sumut

/

/ Jumat, 15 September 2023 / 14.44 WIB

 

Binjai, PILAREMPAT.com : Wakapoldasu Brigjen Pol Drs Jawari SH MH, melaksanakan Safari Subuh, di Masjid Al-Jihad, Jalan Samanhudi No.95 Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Jumat (15/09/2023).

Setibanya di Masjid Al-Jihad , Wakapoldasu, Brigjen Pol Drs Jawari SH MH dan rombongan langsung disambut oleh Kapolres Binjai AKBP Rio Alexander Panelewen, Ketua BKM Masjid Al-Jihad, Ketua Mashja Ar-Raudhah Ustadz Burhanuddin SE, Sekjen Mashja Ar-Raudhah Ananda Sitepu SH. Dan sebagai penceramah pada acara tersebut adalah Ustadz Drs. H. M. Samin Pane, MA  serta dihadiri ratusan jamaah/ masyarakat dan Jamaah Masjid Al-Jihad yang hadir. Tema safari subuh kali ini ' polisi mendengar dan memberi solusi'

Dalam sambutannya, kepada para jamaah, Brigjen Pol Drs Jawari SH MH mengatakan safari subuh merupakan program rutin Polda Sumut yang bertujuan menyerap aspirasi dan juga untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat.

Wakapoldasu Brigjen Pol Drs Jawari SH MH sejak menjabat terus menggelorakan kepada masyarakat untuk terus menjaga dan mewujudkan situasi Kamtibmas, agar Sumut menjadi provinsi yang aman, damai dan kondusif.

"Safari subuh berjamaah ini juga bertujuan agar Polri bersama masyarakat selain dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, juga kami dapat mendengarkan langsung informasi, saran serta keluhan dari masyarakat terkait permasalah Kamtibmas dan penegakan hukum," kata Wakapolda.

Karena, sambung Wakapolda, tugas Polri yang utama adalah menjaga dan mengujudkan keamanan dan ketertiban di sekitar kita.

"Untuk itu saya mengharapkan agar masyarakat bersatu, saling dukung agar antara Polri dan masyarakat dapat bekerjasama untuk menjaga dan mencegah terjadinya permasalahan Kamtibmas," Wakapoldasu.

Tentang permasalahan narkotika, Wakapoldasu mengatakan pertama saya berterimakasih kepada masyarakat atas informasi dari masyarakat dapat membantu pihak kepolisian dalam hal memberikan informasi sekecil apapun terkait peredaran Narkotika di lingkungannya.

"Kami jajaran Polda Sumut terus berupaya semaksimal mungkin dalam memberantas dan mencegah peredaran narkotika di wilayah Sumatera Utara. Polda Sumut juga memberikan fasilitas gratis bagi para pemakai atau pencandu narkotika untuk rehabilitasi," ungkap Wakapolda. 

Tak lupa Wakapolda memberi hormat kepada seluruh jemaah yang hadir. " Saya mengajak bersama-sama masyarakat, alim ulama, cerdik pandai, orang-orang pemberani yang patriotik, untuk terus menjaga, persatuan, kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan kita. Apalagi sebentar lagi kita akan memasuki tahun pemilu. Mari bersama kita ciptakan kesejukan agar persatuan tetap terjaga dengan baik di Provinsi Sumut yang kita cintai ini," jelas Wakapolda. 

Wakapoldasu Brigjen Pol Drs. H. Jawari, SH, MH menyampaikan bahwa beliau sangat bahagia sekali bisa bertemu langsung warga kota Binjai dan sekitarnya pada Jum'at subuh yang penuh berkah ini. 

"Polisi di beri tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, untuk itu kami hadir mendengar langsung dari masyarakat tentang kondisi keamanan yang sebenarnya dari masyarakat," ujar Wakapoldasu lagi melanjutkan sambutannya. 

Wakapoldasu memberikan kesempatan bertanya kepada masyarakat yang hadir, ada 4 orang bertanya dan langsung berikan jawabannya oleh Wakapoldasu. Diantaranya tentang premanisme yang marak di kab. Langkat, kemudian tentang narkoba, kejahatan jalanan dan kasus kasus pencurian lainnya. 

Wakapoldasu langsung memberi perintah kepada Kapolres Binjai dan Kapolres Langkat untuk menindaklanjuti masukan yang disampaikan masyarakat tersebut tanpa surat perintah. 

Sementara itu, Burhanuddin, SE, Ketua Ar Raudhah mengatakan, Ar Raudhah sudah melaksanakan safari subuh sebanyak 32 kali, sebelumnya di seputaran Medan dan Deli Serdang, alhamdulillah kali ini kami bisa mengunjungi kota Binjai. 

Dalam sambutannya ketua BKM masjid Al Jihad, AKBP. Purn.H.Buchari menyampaikan kerima kasih dan selamat datang Wakapoldasu beserta rombongan di masjid Al Jihad. Beliau menyampaikan bahwa masjid Al Jihad baru saya melakukan renovasi besar-besaran, dengan perluasan lahan yang dibebaskan dengan sistem lelang Rp 1.500.000 per kavling, yang dibagi menjadi 800 kavling. Sebelumnya Masjid Al Jihad juga telah beberapa kali mendapatkan kunjungan safari subuh, diantaranya dari DMI kota Binjai dan safari subuh Pangdam Bukit Barisan. 

Turut hadir Kapolres Binjai AKBP. Rio Alexander Panelewen, anggota TNI, Pemko Binjai di wakili Asisten 3, anggota DPRD kota Binjai Irhamsyah Putra Pohan, ketua DMI kota Binjai Dr. Darma Malem, ketua Pemuda Muslimin Indonesia Kota Binjai, Zulkhairi Batubara, dan berbagai elemen masyarakat lainnya.  

Ketua PMI Kota Binjai Apresiasi Safari Subuh  Ar Raudhah Jum'at Berkah Poldasu

Ketua Pemuda Muslimin Indonesia Kota Binjai, Zulkhairi Batubara menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan safari subuh yang dilaksanakan oleh Ar Raudhah Jum'at Berkah Poldasu. 

"Kami apresiasi kegiatan ini, karena masayarakat dapat menyampaikan langsung keluh kesahnya tentang keamanan dan kenyamanan kepada pimpinan Polisi Daerah Sumatera Utara, kami berharap kegiatan ini jangan hanya sebagai seremoni tapi ditindaklanjuti dengan aksi yang nyata, karena kami sangat yakin kalau polisi sungguh sungguh bekerja maka berbagai masalah keamanan yang dibicarakan ini dapat diselesaikan. Misalnya dahulu togel, mampu di basmi oleh polisi pada saat kepemimpinan Bapak Sutanto. Jadi kami saya yakin pada kemampuan polisi kita asalkan sungguh-sungguh mau mengatasinya," ujar Zulkhairi Batubara. 

Di akhir kegiatan setelah pembacaan pernyataan sikap bersama seluruh jemaah untuk mendukung Polda Sumut dalam menjaga Kamtibmas dan ditutup dengan doa, Wakapoldasu membagiakan 300 paket sembako dan vitamin dari Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan paket vitamin kepada seluruh jemaah yang hadir. [P4/zulkhairi/sya]


Komentar Anda

Berita Terkini