Pemkab Samosir memperoleh Penghargaan Daerah Fokus Belajar.id dari Refo

/

/ Selasa, 09 Mei 2023 / 21.01 WIB

 


Samosir, PILAREMPAT.COM
- Sejak pertengahan tahun 2020 Pusdatin Kemendikbud telah menerbitkan akun pembelajaran yaitu akun belajar.id . Akun pembelajaran tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik dan tenaga pendidikan untuk mengakses layanan pembelajaran terutama layanan pembelajaran yang disediakan dari Kemendikbud.


Akun pembelajaran tersebut dalam bentuk akun google dengan domain belajar.id sehingga setiap pengguna akun pembelajaran secara otomatis dapat mengakses layanan pendukung pembelajaran dalam G Suite for Education yang pastinya dengan akses bebas biaya.


Sebagai upaya meningkatkan dan mengoptimalkan aktivasi dan pemanfaatan akun pembelajaran (belajar id) bagi peserta didik, pendidik dan tenaga pendidikan maka Refo yang bekerjasama dengan Kemendikbud Ristek memilih Kapten dan Co-Kapten belajar.id dimana Kapten di setiap provinsi dan Co-Kapten di setiap Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia dengan kriteria tertentu yang diharapkan dapat menjadi pendorong peningkatan aktivasi dan optimalisasi pemanfaatan akun pembelajaran ( belajar.id).


Pada tahun 2022 , Refo yang bekerjasama dengan Kemendikbud Ristek mengadakan festival aktivasi akun belajar id dengan memilih 10 daerah dengan aktivasi tertinggi dan 80 daerah fokus belajar.id dengan aktivasi tertinggi pada periode bulan Juli – November tahun 2022.


Dengan kerjasama yang baik antara Kapten Belajar id Sumatera yaitu Bapak Sumitro Paulinus Sihotang, S.Pd , dengan Co- Kapten Belajar.id Kabupaten Samosir Ibu Jenny Vera Togatorop,S.Pd dan dengan dukungan luar biasa dari pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir terkhusus dukungan dari Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir yaitu Bapak Jonson Gultom, S.Pd serta dukungan pihak BPMP Sumatera Utara yaitu Bapak Reinhard Gultom dan dukungan salah satu komunitas pendidik yang ada di Kabupaten Samosir yaitu Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Samosir yang diketuai oleh Bapak Reynold Panjaitan, S.Pd sehingga Kabupaten Samosir masuk dalam 80 besar daerah Fokus Belajar.id dimana Kabupaten Samosir menduduki peringkat 53 untuk se-Indonesia dan peringkat 7 untuk se-provinsi Sumatera Utara pada periode Juli-November 2022. Oleh karena itu Kabupaten Samosir mendapat apresiasi berupa sertifikat apreasiasi dari Refo yang bekerjasama dengan Kemendikbud Ristek dan diberikan juga kaus apreasiasi.


Pada hari Selasa tanggal 11 April 2023 , Co-Kapten Belajar.id Kabupaten Samosir yaitu Ibu Jenny Vera Togatorop, S.Pd ,menyerahkan sertifikat apresiasi dan kaus apresiasi kepada DInas Pendidikan Kabupaten Samosir yang diterima langsung oleh Bapak Kadis Pendidikan yaitu Bapak Jonson Gultom. Bapak Jonson Gultom sangat mengapreasiasi atas pencapaian yang telah diperoleh Kabupaten Samosir , beliau berharap bahwa peningkatan aktivasi dan optimalisasi pemanfataan akun belajar.id di Kabupaten Samosir akan terus semakin meningkat. Kebanggaan semakin bertambah ketika di hari itu , diakses dashboard aktivasi , per tanggal 11 April 2023 , peringkat Kabupaten Samosir naik dari peringkat 53 menjadi 19 untuk se-Indonesia dan dari peringkat 7 menjadi 5 untuk se-provinsi Sumatera Utara.


Semoga peningkatan aktivasi dan optimalisasi pemanfaatan akun pembelajaran(belajar.id) di Kabupaten Samosir semakin meningkat ke depannya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini