Harga Cabai di Kota Medan Mulai Naik..

/

/ Selasa, 23 Mei 2023 / 12.12 WIB

 ilustrasi-pedagang-cabai (foto: lutviatul fauziah/ jpnncom)

Medan, PILAREMPAT.com --Di akhir awal pekan ini, beberapa komoditas pangan di wilayah Medan dan sekitarnya mulai menunjukan kenaikan. 

"Cabai merah yang sebelumnya sempat diperdagangkan murah hingga 8.000 rupiah per Kg, saat ini dijual dalam rentang 15 hingga 20 ribu per Kg. Sementara cabai rawit juga dijual dengan kisaran harga yang tidak jauh berbeda. Jadi untuk cabai ini mengalami kenaikan dibandingkan perdagangan di hari Jumat," kata Gunawan Benjamin, MSi, Ketua Tim Pemantau Harga Pangan di Sumut, kepada media ini, Selasa (23/05/2023).

Untuk komoditas lainnya, Gunawan, seperti bawang putih, bawang bombai dan sejumlah bawang impor lainnya juga mengalami kenaikan. Harga bawang bombai bahkan ditransaksikan dikisaran angka 50 ribu per Kg pada akhir pekan kemarin. Sementara untuk bawang merah harganya masih relatif stabil dikisaran 25 hingga 30 ribu per Kg, setelah mengalami kenaikan sebelumnya.

Untuk komoditas bawang impor yang mengalami kenaikan harga, dari pengamatan saya dilapangan kenaikan tersebut lebih banyak dipicu oleh kenaikan harga jual di tingkat petani. Sebagai contoh telah terjadi kenaikan harga bawang putih di China hingga mencapai 30%, yang mulai terjadi sejak bulan februari sebelumnya.

Selain komoditas bawang, harga telur ayam dan daging ayam  juga mengalami kenaikan belakangan ini. Untuk telur ayam sejauh ini berada dikisaran 28 ribuan per Kg. Sementara untuk harga daging ayam bergerak dalam rentang 33 hingga 38 ribu per kg nya. Dua komoditas ini belakangan naik harganya karena dipicu oleh sejumlah faktor.

Diantaranya yaitu, adanya permintaan atau demand yang meningkat seiring dengan pembagian bantuan bahan pangan pokok yang dilakukan oleh pemerintah ke rakyat miskin, ditambah dengan mulai ramainya acara hajatan di masyarakat. Kenaikan disisi lain dikarenakan juga oleh kenaikan biaya input produksi. 

"Ada kemungkinan dimana untuk peternak telur ayam belum akan menambah jumlah ayam indukan. Sementara untuk penambahan jumlah pasokan daging ayam relatif lebih mudah disesuaikan," terangnya lagi..

Beberapa komoditas lainnya, sebut Gunawan, sejauh ini, terpantau bergerak stabil. Diantaranya adalah harga minyak goreng yang stabil dikisaran 13.500 per Kg setelah di bulan kemarin sempat menyentuh 14 ribu per Kg. Selanjutnya beras yang juga masih stabil dikisaran 10 ribuan hingga 13 ribuan per Kg. Harga daging sapi yang cukup stabil diangka 120 hingga 130 ribuan per Kg. Harga gula pasir juga masih cukup stabil dikisaran angka 15 hingga 16 ribu per Kg.

"Secara keseluruhan beberapa komoditas pangan memang mulai bergerak naik di bulan mei ini. Akan tetapi sejauh ini deflasi masih lebih terlihat di bulan Mei dibandingkan dengan kemungkinan terjadinya inflasi. Dan bulan Mei ini menjadi titik balik dimana ada peluang inflasi kembali terbentuk nantinya," ujarnya. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini