Gangguan Daya Beli masih 'Menghantui', Deflasi Sumut Berlanjut meskipun Harga Daging Ayam Naik...

/

/ Senin, 15 Mei 2023 / 23.54 WIB

 

Medan, PILAREMPAT.com -- Harga daging ayam di sejumlah pasar diKkota Medan pada perdagangan hari ini, Senin (15/5/2023) menyentuh 37 Ribu per Kilogramnya (Kg) mengacu Pusat Informasi Harga Pangan Sumut (PIHPS). Dengan posisi harga di level tersebut, maka pada dasarnya pedagang maupun produsen sudah bisa menikmati keuntungan. 

"Meski demikian, sejumlah pedagang masih mengeluhkan penjualan daging ayam yang belum kembali dalam posisi normal penjualan harian, apalagi jika membandingkannya dengan penjualan di tahun lalu atau bahkan sebelum masa pandemi," ujar Gunawan Benjamin, S,Kom, MSi, (foto) Ketua Tim Pencatat Harga Pangan di Sumut kepada Pilarempat.com, Senin (15/3/2023) 

Ia menyebutkan, selain daging ayam, telur ayam juga mengalami kenaikan di bulan Mei ini, kenaikannya rata rata mencapai 1.000 per Kg. Dari posisi 26 ribuan per Kg menjadi 27 ribuan per Kg nya. Harga telur ayam mengalami kenaikan sejak pekan pertama bulan ini. Dua komoditas sumber protein ini, akan menyumbang inflasi pada bulan Mei. 

Namun, kata Gunawan yang juga Pengamat Ekonomi ini, deflasi yang terjadi selama 3 bulan berturut turut (Februari – Maret-April) masih akan berpeluang berlanjut di bulan ini. Pemicunya adalah harga cabai merah dan cabai rawit serta minyak goreng yang di bulan ini masih lebih murah harganya. Harga cabai merah dan cabai rawit sejauh ini rata rata lebih rendah 30% lebih dibandingkan dengan bulan april. Harga minyak goreng curah juga mengalami penurunan rata rata 3.6%.

Belum lagi sejumlah harga kebutuhan masyarakat lainnya seperti tiket pesawat. Yang turut diproyeksikan lebih rendah di bulan ini dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Demikian halnya harga sejumlah sayur sayuran yang juga lebih murah dibulan ini dibandingkan dengan april. 

"Sejauh ini saya memperkirakan Sumut masih akan mencetak deflasi dalam rentang 0.01 persen hingga 0.12 persen," katanya.

Menurut Gunawan, namun demikian masih ada dua pekan menuju tutup bulan Mei 2023. Sehingga sejumlah harga kebutuhan masyarakat bisa saja mengalami perubahan nantinya. 

"Saya menilai deflasi yang kalau terjadi lagi di bulan Mei ini, kian mempertegas bahwa kondisi daya beli masyarakat kian memburuk. Bahkan kenaikan harga daging ayam dan telur ayam juga tidak bisa dijadikan acuan bahwa ada pemulihan daya beli karena harganya naik. Saya menghitung bahwa harga daging ayam dan telur ayam ini pasokannya tengah dikendalikan agar mencapai harga keekonomiannya. Dan dari hasil wawancara kesejumlah pedagang, pada dasarnya pembelian untuk dua komoditas tersebut tidak mengalami kenaikan, sekalipun harganya terpantau naik di bulan ini," ungkapnya lagi. 

Seyogyanya, terang Gunawan, setelah Ramadhan dan Idul Fitri selalu dibarengi dengan peningkatan konsumsi khususnya untuk acara adat atau hajatan tertentu. Fakta dilapangan memang sejumlah acara hajatan mengalami peningkatan. 

"Tetapi sayangnya belum mampu memberikan perubahan besar pada konsumsi komoditas pangan seperti bumbu bumbuan. Dan bukan hajatan saja, kegiatan belajar mengajar yang sudah kembali aktif seharusnya juga mampu mendorong konsumsi masyarakat," pungkasnya. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini