Syukuran HPN 2023, PWI Deliserdang Santuni Anak Yatim-Piatu Tunanetra dan Keluarga Wartawan

/

/ Kamis, 23 Februari 2023 / 10.34 WIB

 Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto SH,MSi didampingi Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang memberikan'tali asih' bantuan kepada salah seorang isteri dari anggota/keluarga besar PWI Deliserdang yang telah meninggal. (foto:Dok.PWI DS)

Deliserdang, PILAREMPAT.com -- Dalam rangka syukuran Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 di Deliserdang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Deliserdang (DS) memberikan puluhan tali asih dan sembako kepada anak yatim-piatu, tunanetra hingga keluarga mantan anggota PWI yang telah meninggal dunia, di Balairung Pemkab Deliserdang, Rabu (22/2).

Rangkaian syukuran itu juga turut melakukan pemotongan nasi tumpeng, pemberian ulos dari PWI Deliserdang kepada Seketaris Daerah (Sekda) Deliserdang, H Timur Tumanggor S.Sos MAP, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK MH, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Deliserdang, Dr Jabal Nur SH MH, Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto SH,MSi, Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Deliserdang, Hajeman, tokoh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) Handoko Hardjono dan perwakilan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Deliserdang.

Pada kesempatan itu, Ketua Apdesi Deliserdang menyerahkan plakat penghargaan kepada Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang didampingi Seketaris PWI Deliserdang Edward Limbong dan Bendahara PWI Deliserdang Rinaldi Samosir, sebagai apresiasi masyarakat terhadap PWI Deliserdang serta sebagai momentum menyambut kerjasama antara Apdesi dan PWI Deliserdang.

Sekda Deliserdang, H Timur Tumanggor, dalam sambutannya mengatakan, pers memiliki peran penting sebagai pilar daerah dalam pembangunan dan penyelenggaraan informasi kepada masyarakat luas.

Namun, lebih lanjut Timur menyebutkan,  kondisi media saat ini tidak dalam situasi yang baik seperti disampaikan Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo pada puncak peringatan HPN Tahun 2023 di Gedung Astaka, Desa Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, 9 Februari 2023 lalu.

"Karena itu saya berharap agar pers melalui Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Deliserdang harus terus berpegang teguh dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik, sebagai landasan moral dan pedoman operasional, integritas serta profesionalisme dalam penyajian berita," ungkapnya.

Timur juga mengingatkan, perihal media massa harus berpegang teguh pada idealisme, objektivitas dan tidak tergelincir dalam polarisasi, terutama di tahun-tahun politik seperti sekarang ini. 

"Media harus mendorong paksa pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) agar bisa berjalan dengan jujur dan adil, guna mewujudkan pelaksanaan demokrasi berkualitas dan bermartabat bagi tanah air, khususnya Pemerintah Kabupaten Deliserdang," ujarnya.

Sedangkan Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji mengakui, rasa kagumnya atas capaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh PWI Deliserdang.

"Yang jelas saya turut bangga dan senang sekali, resfeck, salut saya kepada rekan-rekan wartawan di Deliserdang secara khusus dibawah naungan PWI Deliserdang," katanya.

Irsan juga mengakui, media maupun wartawan memiliki peran penting. "Media, wartawan memiliki peran penting didalam pertahanan, keamanan, perekonomian dan budaya," tandasnya.

Sementara itu sebelumnya, Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang mejelaskan, dalam rangka menyambut HPN, pelaksanaan sudah melaksanakan berbagai kegiatan. Seperti melaksanakan sunatan massal di Pantai Labu, kegiatan seminar wartawan ramah anak yang juga dihadiri hampir seluruh perwakilan wartawan.

"Kedepan juga sudah kami canangkan PWI Gowes To School. Artinya, kami akan mensosialisasikan dan akan memberikan edukasi kepada kepala-kepala sekolah. Selain itu, kami juga membentuk kerjasama dengan APDESI untuk sosialisasi dan edukasi ke seluruh Kepala Desa. Sehingga bisa memahami kinerja para wartawan," ujarnya.

Sedangkan Ketua Panitia HPN PWI Deliserdang Jekson Turnip dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka HPN tahun 2023, PWI Deliserdang telah melaksanakan berbagai kegiatan, mulai melakukan penyambutan pada peserta PWI provinsi se-Indonesia di Bandara Kualanamu, membuat foto booth dengan mempromosikan produk dan unggulan serta destinasi wisata Deliserdang, kuliner dan berbagai pembangunan Deliserdang hingga mengikuti puncak perayaan HPN yang dibuka Presiden RI, Joko Widodo, di Gedung Serbaguna Astaka, Desa Medan Estate, Kabupaten Deliserdang. 

"Kemudian hari ini kami dari PWI DS melaksanakan syukuran dan memberikan tali asih dan sembako kepada keluarga PWI DS yang sudah meninggal dunia sebanyak 10 orang, kepada panti asuhan dari Alwasliyah sebanyak 25 orang serta penyandang tuna netra Yapentra sebanyak 25 orang. Dengan itu kami dari Panitia mengucapakan ribuan terimakasih kepada seluruh mitra kerja PWI DS, yang sudah sudi berpartisipasi hingga terlaksana acara syukuran ini," ungkap Jekson. 

Teks Foto: Sekda Deliserdang, H Timur Tumanggor, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji, Kajari Deliserdang, Dr Jabal Nur, Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto dan lainnya berfoto bersama dengan Pengurus dan Anggota PWI Deliserdang. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini