Puncak HPN 2023 di Sumut, PWI Deliserdang Perkenalkan 3 Motif Batik Serdang

/

/ Kamis, 09 Februari 2023 / 20.12 WIB

Pengurus, Penasehat dan Anggota PWI Deliserdang saat mengenakan 3 motif batik Serdang berfoto bersama dengan Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan di stan pameran HPN Expo 2023.(foto:P4/istimewa)

Deliserdang, PILAREMPAT.com -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Deliserdang menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Gedung Serbaguna Astaka, Jalan Williem Iskandar Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang, Kamis (9/2).

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan terbesar dan paling bergengsi bagi komponen pers Indonesia ini, PWI Deliserdang memanfaatkan untuk memperkenalkan tiga (3) motif batik khas Kabupaten Deliserdang dengan mengenakan batik Serdang.

Ketua PWI Deliserdang, Lisbon Situmorang didampingi Seketaris PWI Deliserdang Edward Limbong mengatakan, batik Serdang sebagai warisan budaya tak hanya dilestarikan, juga harus patut diperkenalkan tingkat nasional bahkan luar negeri. 

"Jadi PWI Deliserdang hari ini memperkenalkannya di ajang HPN dengan tiga motif yakni yang dikenakan Ketua, Seketaris dan Bendahara (KSB), kemudian jajaran Penasihat, Pengurus dan juga dikenakan Anggota PWI Deliserdang," kata Lisbon.

Lisbon mengakui, batik yang telah dijadikan sebagai salah satu ikon budaya yang sangat penting di Indonesia. Selain itu, pada tahun 2009 batik di Indonesia sudah diresmikan sebagai warisan kemanusiaan dalam budaya lisan dan budaya nonbendawi oleh dunia internasional melalui United Nations Educational, Scientifit, and Cultural Organization (UNESCO), yang dimana hal ini pun menjadi sebuah tuntutan dan kewajiban kepada masyarakat Indonesia agar lebih bertanggungjawab dalam mempertahankan kelestarian batik sebagai warisan budaya. 

"Jadi selain kami berpandangan untuk melestarikan budaya. Dengan kami kenakan atau memakai batik Serdang ini, kami berharap dapat membantu sedikit pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) batik Serdang mempromosikan usahanya," ungkap Lisbon.

Sementara itu Bupati Deliserdang, H Ashari Tambunan memberikan apresiasinya kepada PWI Deliserdang yang telah berkontribusi untuk memperkenalkan baju batik Serdang, serta memperkenalkan wisata, kuliner dan adat istiadat Kabupaten Deliserdang.

"Sekali lagi saya menyampaikan terimakasih kepada PWI Deliserdang yang telah memberikan kontribusinya untuk Kabupaten Deliserdang," kata Ashari.

Turut hadir dalam puncak HPN tersebut, Penasihat PWI Deliserdang, HM Husni Siregar dan Semangat Sembiring, Rinto Sustono, Bendahara PWI Deliserdang Rinaldi Samosir, Wakil Ketua PWI Deliserdang Khairul Kamal Siregar, Wakil Sekretaris PWI Deliserdang,Roni Hutahaean, Zul Rasyad Efendi Harahap, Wakil Bendahara PWI Deliserdang Desra Gurusinga,serta M.Isya dan Dapotraja Situmorang

Pengurus, Penasehat dan Anggota PWI Deliserdang saat mengenakan 3 motif batik Serdang berfoto bersama dengan Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan di stan pameran HPN Expo 2023. [P4/sak]

Komentar Anda

Berita Terkini