Bupati Samosir, Hadiri Acara Puncak Hari Pers Nasional 2023

/

/ Kamis, 09 Februari 2023 / 20.48 WIB

Samosir, PILAREMPAT.COM - Bupati Samosir ikut menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang digelar, di Gedung Serbaguna Pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), Medan-Deliserdang, Kamis (9/2/2023).

Acara yang dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo juga dihadiri oleh Ketua MPR RI, Panglima TNI, Kapolri, Para Menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu, Para Gubernur dan Bupati/ Walikota Se-Sumatera Utara, beserta para insan pers dan pelajar.

Dalam sambutan, Presiden RI Jokowi menyampaikan pada hari peringatan Hari Pers Nasional sekarang ini, bahwa dunia pers tidak sedang baik baik saja. “Saya ulang, dunia pers sedang tidak baik baik saja”, ucapnya.

“Dulu, isu utama dunia pers adalah kebebasan pers, selalu itu yang kita suarakan, tapi sekarang apakah itu utamanya tetap sama ?. Menurut saya sudah bergeser karena kurang bebas apa lagi kita sekarang ini ?. Pers sekarang ini mencakup seluruh media informasi yang bisa tampil dalam bentuk digital. Semua orang bebas membuat berita dan sebebas-bebasnya”, pungkas Jokowi.

Menurut Jokowi, saat ini masalah yang utama adalah membuat pemberitaan yang bertanggung jawab karena masyarakat kebanjiran berita dari media sosial dan media digital lainnya, termasuk platform-platform asing yang umumnya tanpa redaksi.

Media jenis baru tersebut kebanyakan dikendalikan kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang hanya mementingkan sisi komersial.

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu menyampaikan bahwa peringatan HPN tahun 2023 menjadi momentum refleksi pers untuk menegakkan profesionalisme di tengah tahun politik. Tidak hanya bebas dalam melaksanakan pemberitaan, tetapi juga harus dengan pemberitaan yang bertanggung jawab, yakni pemberitaan yang terkonfirmasi.

Di tahun politik ini, pers harus berkontribusi dalam aktifitas berpolitik yang rileks dan santun. Media hendaklah membuka informasi yang seluas-luasnya tentang calon, katanya mengakhiri. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini