Pemkab Samosir Gelar Pertemuan Review Kinerja Tahunan Aksi Integrasi dan Hasil Tahun 2022

/

/ Rabu, 21 Desember 2022 / 23.12 WIB


Samosir,PILAREMPAT.COM -
Setelah melalui 7 tahapan aksi Konvergensi Stunting, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir menggelar tahapan akhir yakni Review Kinerja Tahunan Aksi Integrasi dan Hasil Tingkat Kabupaten Samosir 2022, bertempat di Aula Kantor Bupati Selasa (20/12/2022).


Hadir TP. PKK Samosir, Pimpinan OPD, Camat, Kepala Puskesmas, Satgas Tim Percepatan Penurunan Stunting, Kepala Desa/Lurah Lokus Stunting. Hadir sebagai narasumber Abdul Halim Harahap, dari Bappeda Provsu dan Aci Debby Nasution, S.Gz dari Dinas Kesehatan Provsu.


Wakil Bupati (Wabup) Samosir selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting dalam arahannya diwakili oleh Pj. Sekda Drs. Waston Simbolon, mengatakan pelaksanaan reviu kinerja tahunan ini merupakan aksi tahap akhir dari 8 aksi konvergensi penanganan stunting. Konvergensi percepatan pencegahan stunting adalah intervensi yang dilakukan secara terkoordinir, terpadu dan bersama-sama menyasar kelompok sasaran prioritas yang tinggal di desa.


Berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2021, secara nasional prevelensi stunting sebesar 24,4 %, Propsu sebesar 25,8 % dan Kabupaten Samosir 28,4%. Berdasarkan hasil pengukuran status gizi balita melalui aplikasi elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (E-PPGBM) di bulan Agustus 2022, terjadi penurunan angka stunting di Kabupaten Samosir dari 1.233 Balita (13,56%) Tahun 2021, menjadi 952 Balita (10,26%).


“Pelaksanaan reviu ini adalah untuk melihat bagaimana capaian kinerja selama satu tahun terkait upaya penurunan stunting yang sudah kita upayakan melalui berbagai intervensi, baik intervensi yang bersifat spesifik dan sensitif”, ujarnya.


“Selanjutnya, kita akan dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat pencapaian target kinerja output dan outcome sehingga dapat merumuskan tindak lanjut perbaikan agar target kinerja dapat dicapai pada tahun berikutnya”, imbuhnya.


Melalui kegiatan ini, juga diharapkan pada Tahun 2022 ini ada penurunan prevelensi stunting yang sinifikan, sehingga pada Tahun 2024 diharapkan bisa turun ke angka 14 %, serta dapat terjalin kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi masalah stunting di Samosir. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini