“ MAROKO, Singa Gurun Sahara "

/

/ Selasa, 13 Desember 2022 / 08.03 WIB

 

“MAROKO, Singa Gurun Sahara"



"Maroko, untuk kedua kalinya, setelah Piala Dunia 1986, menyentak dan membuat rasa kagum penggemar sepak bola sejagad raya. Apa sebab..??. Setelah laga Perempat Final Piala Dunia 2022, negara dari Afrika Utara berpenduduk mayoritas Muslim ini memulangkan tim favorit Portugal melalui gol tunggal yang cukup fenomenal, sundulan kepala Youssef El Nesyri pada babak pertama dalam pertandingan yang berlangsung sengit, mengantarkan Negeri Matahari Terbenam itu melaju ke babak Semi Final Word Cup 2022. 

Maroko yang selama ini merupakan ‘kuda hitam’ dalam peta kekuatan sepak bola dunia, kini, tak bisa dianggap ’sebelah mata’ oleh tim-tim nasional di lima zona wilayah FIFA. Tim nasional (Timnas) Maroko yang dijuluki ‘the Atlas Lions’ itu, disebut memiliki pemain-pemain profesional yang cukup handal. Ada 80 persen dari skuad pemain tim nasionalnya itu ‘merumput’ di klub-klub elit yang terkenal di benua Eropa, termasuk bermain di klub-klub Liga Perancis, yang notabene akan menjadi lawan tandingnya di Semi Final nanti (Kamis dini hari, 15/12).

Maroko pun menjadi satu-satunya negara di Afrika dan Jazirah Arab yang mampu menembus Babak Semi Final World Cup, sejak digelar oleh FIFA tahun 1930 silam. Sebelumnya, Timnas Turki bersama Korea Selatan yang menjadi negara di Asia yang melangkah ke babak Semi Final pada Piala Dunia 2002 lalu.

Menariknya, Maroko pernah menjadi negara jajahan (Kolonial) Perancis, di Jazirah Gurun Pasir terbesar di dunia itu. Mampukah Singa Gurun dari Pegunungan Atlas ini ‘mengaum’ lagi..??, dan 'menerkam’ si ’Ayam Jantan’ Eropa..?! Bila ini terjadi, tak mustahil si  'Singa Gurun Sahara' dari Afrika Utara itupun melenggang ke Babak Final, dan berpeluang menjuaraI Piala Dunia 2022...

( Muhammad Isya, S.Sos, M.I.Kom )


Komentar Anda

Berita Terkini