Dikunjungi SLB-C Muzdalifah, KAapoldasu Dampingi Anak-Anak ABK SLB Belajar Kesamaptaan SAR

/

/ Kamis, 24 November 2022 / 23.44 WIB

MEDAN, PILAREMPAT.com  -  Kunjungan anak-anak special dari SLB-C Muzdalifah ke kantor rusun  Direktorat SAMAPTA Polisi Daerah Sumatera Utara (DITSAMAPTA POLDASU) jalan SM.RAJA KM 10,5. pada Kamis siang (24/11/2022) mendapat sambutan hangat penuh kasih sayang dari Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) dan Jajaran. 

Sebanyak 45 ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dari anak-anak special SLB-C MUZDALIFAH yang meliputi ABK Tuna Grahita (C), ABK Tuna Rungu Wicara (B), ABK Down Syndrome (DS) dan ABK Autis (Q) dan di dampingi Oleh 10 Guru ABK. mendapatkan pembelajaran dan mengikuti program pelatihan SAR Kesamaptaan.

Kegiatan ini merupakan program Kerja Sekolah Penggerak Tingkat SLB bekerjasama dengan Ditsamapta POLDASU yang bertujukan untuk mengetahui Profesi & Tugas dari seorang Polisi terutama Ditsamapta POLDASU Sub bidang SAR.

Dalam pembelajaran ini anak-anak kebutuhan khusus sangat antusias sekali dalam mendengarkan dan praktek dari dari para instruktur Ditsamapta Poldasu. 

Dalam kesempatan ini anak-anak Spesial di kenalkan beberapa alat seperti Mobil Rescue, Alat Pertolongan di ketinggian dan beberapa Mobil anti Huru-hara yang di miliki oleh Ditsamapta POLDASU, Anak-anak Spesial juga di berikan kesempatan untuk merasakan Naik Mobil Ditsamapta mengelilingi taman sabhara serta markas besar Poldasu.

"Adik-adik Tugas Polisi di bagi menjadi beberapa struktural seperti Lalu Lintas, Brimob, Samapta dan lain-lain, hari ini kita belajar tentang ke samaptaan dan tugas nya" ujar Pak Brigadir. Fauzi Hsb.

Dalam kesempatan yang bertema 'Belajar Bersama Pak Polisi'  ini turut  dihadiri langsung Oleh Kapoldasu, Irjen Pol Drs R.Z Panca Putra S. M.Si

"Anak-anak Spesial ini harus diberikan Pendidikan yang setara, terus sayangi mereka bapak - ibu Guru, Kalian sangat luar Biasa, Saya Sangat Senang sekali dikunjungi oleh anak-anak dari SLB-C MUZDALIFAH, kedepan kunjungan - kunjungan seperti ini sangat saya rindukan" ujar Panca sambil bercengkrama Akrab bersama ABK SLB tersebut.

Mendapat perhatian dan kasih sayang dari  Kapoldasu, terlihat juga  Panca sangat di senangi oleh anak-anak Spesial tersebut, ada yang minta foto bareng Bahkan ada yang minta di gendong oleh orang Nomer satu di Poldasu ini. 

Dalam kesempatan tersebut Panca juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada guru-guru yang berkesempatan hadir mendampingi anak-anak SLB C Musdalifah.

“Sampai jumpa lagi ya anak-anak. Bapak sangat senang dapat bertemu dan bermain bersama kalian. Untuk bapak ibu guru tetap semangat dan sehat selalu agar dapat terus mendampingi anak-anak hebat ini”, pungkas Panca.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Hartati.S.Pd selaku wakil kepala sekolah SLB-C Musdalifah juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kapoldasu.

Hartati juga berharap semoga program seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi instansi yang lainnya, sehingga ABK mendapatkan ruang untuk berkreasi & memiliki kesempatan belajar yang setara.

Ia juga mengatakan sudah saatnya anak-anak berkebutuhan khusus diberikan kesempatan dan ruang bukan sekedar di kasihani dan diprihatinkan saja. 

"Semoga ABK yang ada di Indonesia dan khusus nya yang ada di Sumatera Utara terus mendapatkan ruang publik yang sesuai kebutuhan mereka. Jangan Kasihani Kami Tetapi Berikan Kami Kesempatan". harap Hartini. (P4/son)

Komentar Anda

Berita Terkini