Anggota Komisi 4 DPRD Medan : Para OPD Harus Serius Atasi Masalah Banjir

/

/ Minggu, 20 November 2022 / 20.30 WIB

MEDAN, PILAREMPAT.com– Anggota Komisi 4 DPRD Kota Medan, Dedy Aksyari Nasution menyampaikan keprihatinan dan turut merasakan kesusahan akibat banjir yang dialami warga Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Penanggulangan banjir ini memang masuk dalam program utama dari Pemko Medan, dimana saat ini sedang dilakukan pembangunan drainase secara masif dengan maksud dan tujuan bisa mengantisipasi banjir dan genangan air yang ada ketika hujan, “ucap Politisi Gerindra Kota Medan, Dedy Aksyari Nasution kepada wartawan, Sabtu (19/11/2022) menanggapi permasalahan banjir dan genangan air di Kota Medan.

Ditegaskannya, bahwa DPRD Medan telah menyetujui dan mengalokasikan dana yang cukup tersebut harus benar-benar bermanfaat. “Semoga saja pada instansi terkait di Pemko Medan sudah melakukan kajian yang benar dan pembangunan juga tidak asal-asalan oleh para kontraktor atau rekanan sehingga di tahun mendatang permasalahan ini sudah bisa diminimalisir,” tegasnya lagi.

Dedy pun menegaskan penanganan banjir, bukan semata-mata menjadi tanggungjawab Pemko Medan akan tetapi kita semua baik itu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, BWS dan masyarakat. Masih dalam penanganan banjir, Dedy juga menyentil kinerja Dinas Perumahan Kawasan Pemukimam dan Penataan Ruang (DPKP2R) Kota Medan, di bawah kepemimpinan Endar Sutan Lubis. Kenapa harus demikian banyak bangunan yang seharusnya tidak berdiri di jalur hijau atau resapan air namun nyata nya tetap berdiri.

Maka untuk itu Dinas PKP2R harus segera menertibkan tata letak bangunan yang tidak sesuai peruntukannya karena ini salah satu penyebab terjadi luapan air hingga merendam jalan, pemukiman warga hingga perkantoran. Nah begitu juga hal kepada warga diimbau agar tak membuang sampah sembarang apalagi dibuang ke dalam parit.

Dedy yang dikenal langsung turun ke lapangan dalam menyahuti aspirasi warga ini mengingatkan para dinas terkait agar berkolaborasi dan bila perlu Kepala Dinas turun ke lapangan tidak waktu banjir saja namun bila perlu rutin melakukan pengecekan sebulan sekali ke daerah rawan banjir. Dalam hal ini, jangan hanya Walikota Medan, Bobby Nasution saja yang puntang-panting memikirkan masalah ini dan meninjau dampak banjir kelapangan.

Untuk Kepala Dinas baik itu PU, DPKP2R dan Bappeda bersama jajaran turunlah ke lapangan dengan kordinasi dengan camat dan lurah untuk memonitor dan pelaksanaan tindakan antisipasi penanganan banjir. Tentunya, jangan sebentar hujan turun lalu Kota Medan sudah terendam air. Dan ditambahkan Dedy juga bahwa wilayah kecamatan Medan Area, Medan Kota, Medan Denai dan Medan Amplas, kalau hujan sebentar sudah banjir hingga merendam pemukiman warga.

“Sehingga banyak warga yang mengalami kerugian harta benda di dalam rumah menjadi rusak, ke depan hal tersebut harus bisa diatasi dengan penanganan yang matang dan profesional karena anggaran sudah cukup besar,”tegas Dedy. (P4/Sya/rel)

Komentar Anda

Berita Terkini