Pemkab Samosir Edukasi Petani Sebagai Implementasi Irigasi Air Gravitasi

/

/ Rabu, 05 Oktober 2022 / 23.00 WIB


Samosir,PILAREMPAT.COM -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian atau DKPP Samosir, dengan LPPM ITDel melakukan pelatihan implementasi irigasi pada tetes air gravitasi tanaman stroberi yang sekaligus pembuatan pupuk organik cair, di Desa Pardomuan, Onan Runggu, Samosir.

Hal ini dilakukan sebagai penerapan sistem teknologi tepat guna untuk mendukung serta mewujudkan Desa Wisata Pardomuan-Onan Runggu yang merupakan Rintisan Wisata Agro Harmoni Samosir.

Kegiatan yang dihadiri 3 kelompok tani antara lain Kelompok tani Satahi II, Persada dan Suka Dame.

Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan dan Pertanian, Tumiur Gultom, Selasa (4/10/2022), mengutarakan atas adanya pelatihan itu petani Stroberi di Desa Pardomuan sangat terbantu.

Dimana para petani tahun sebelumnya menggunakan sistim siram manual saat ini menjadi sistim irigasi tetes air gravitasi, sehingga lebih efektif dan efisien.

Pelatihan menurut dia, adalah merupakan salah satu upaya Pemkab untuk mewujudkan Desa Wisata Pardomuan salah satu Desa Agro Harmoni di Samosir.

Ini merupakan kerjasama LPPM ITDEL dengan menerapkan sistim teknologi pertanian melalui pelatihan perakitan instalasi peralatan irigasi tetes di lahan pertanian stroberi kelompok tani.

Disisi lain juga dilaksanakan sosialisasi yang diikuti Praktek Pembuatan Pupuk Organik Cair oleh Evalina Sitepu, SP, Nona Oktavia Tambunan, SP kepada kelompok tani.

“Dengan adanya kegiatan teknologi ini semoga dapat diterapkan, ditiru kelompok tani lainnya untuk mengurangi cost produksi maupun peningkatan hasil pertanian.Terima kasih kepada LPPM ITDel, kirannya kerjasama ini berjalan dengan baik, semakin sukses ke depannya,” pintanya.

Sementara Ketua LPPM ITDEL, Albert Sagala mengatakan, penerapan sistim teknologi tepat guna irigasi tetes air gravitasi, adalah salah satu program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITDEL kepada petani.

“Dengan penerapan teknologi tepat guna ini, petani akan dapat menyiram tanaman secara otomatis sesuai kebutuhan dan jenis tanaman. Selain itu stroberi dapat juga digunakan untuk jenis tanaman lainnya, seperti bawang. Sehingga akan menghasilkan produksi sesuai harapan,” ucapnya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini