Filsafat Metafisika dan Tasawuf Pilihanku...

/

/ Kamis, 27 Oktober 2022 / 21.30 WIB

 

(Dr. Ir. Syarifuddin, MH)

Prof. Dr.H. Kadirun Yahya dalam buku Kapita Selekta Metafisikanya mengatakan, kecerdasan akal tidak cukup utk menembus pengetahuan yang tersirat, tersuruk dan tersembunyi dalam ayat Al Qur’an.  Dibutuhkan kecerdasan rohani yang dimensinya berbeda dengan dimensi akal manusia.

Prof Dr H Kadirun Yahya, telah berhasil dengan misinya membangun keselarasan kecerdasan akal dengan kecerdasan rohani dalam sebuah wadah Tarekat, dimana tarekat yang dipandang sebelah mata oleh para  ustad. Oleh Prof Dr H Kadirun Yahya, dibangunlah Fakultas Metafisika kerohanian untuk menggaungkan Tarekat dengan Bidang akademis, dimana tujuannya jika tarekat sudah terintegrasi kebidang akademis maka tarekat tidak akan dipandan enteng lagi oleh para ustad yang memang kurang paham tentang tarekat.

Saat ini Fakultas metafisika kerohanian sudah di bungkus menjadi Fakultas Agama Islam dan Humaniora. Dimana Prodi Ilmu Filsafat Metafisika dan Tasawuf berada dibawah Fakultas tersebut. Dengan adanya prodi ilmu Filsafat Metafisika dan Tasawuf  tarekat yang selama ini hanya dipandang sebelah mata oleh umat Islam sendiri, kini sudah terintegrasi pada bidang akademis. Dimana suluk atau iktikaf sudah menjadi bagian peraktikum mahasiswa dalam kegiatan studi independen di luar kampus yang terintegrasi dengan SKS mata kuliah di Universitas Pancabudi (UNPAB) Medan.

Dengan adanya prodi filsafat metafisika dan tasawuf  sebagai tempat pelatihan metode berfikir hebat yang terintegrasi dengan metode kecerdasan rohani akan diperoleh generasi yang cerdas akalnya, cerdas rohaninya, yang dikenal umum dengan kecerdasan holistik

Keuntungan dari berfikir secara holistic, yang hanya ada satu-satunya di UNPAB adalah mampu mengantisipasi datangnya era Artificial Inteligency (AI) atau dikenal dengan kecerdasan buatan. Hal ini karena para mahasiswana dibekali dengan keimanan dan ketaqwaan yang diperoleh dari peraktek iktikaf yang terkordinir dengan dosen pembimbing yang berpengalaman.

Disinilah letak keunggulan mahasiswa ilmu filsafat metafisika dan tasawuf yang insyaa allah lebih unggul dari memasuki kuliah di jurusan prodi lainya

Adanya Fasilitas yang dibangun Prof Dr H Kadirun Yahya

Ini,  diharapkan dapat membangun perilaku mahasiswa kedepan akan menghasilkan generasi yang  mampu mengatasi kecerdasan buatan yang sudah datang kepada kita, yakni mampu menjadi ‘Pribadi yang Unggul’ dalam menopang hilangnya Peradaban dan ancaman kehilangan berbagai lapangan pekerjaan, kerusakan moral serta kehancuran dunia.

Kita sebaiknya mampu menalar masa depan akan samapinya kecerdasan buatan yang sangat dahsat tsb. Kedatangan A.I tidak bisa dihambat peradaban kita akan hilang…..tak berbekas,…dan akan muncullah Dunia dengan peradaban baru  yang masing-masing peribadi manusianya semua punya simpanan robot cantik dan ganteng di rumah masing-masing sebagai simpanan dan untuk melayani segala hal, yang akhirnya bisa mengacaukan pola pikir peradaban kita.

Untuk rasa cinta kita kepada Prof Dr H Kadirun Yahya, mari kita wujudkan pesan-pesan yang begitu nyata dan tertulis di dalam buku Kapita Selekta Metafisika, mari kita jadikan ucapan dengan apa yang kita lakukan tidak hanya dalam bicara saja, ayo abang-abang dan kakak-kaka serta anak-anak  muda, daftarkan diri anda dan anak anda segera setelah  membaca ini, siapa yang mendaftar hari ini Kamis tanggal 27  sd 29  Okt 2022, akan kami beri buku, Pengantar metafisika sebagai kegembiraan dari kami dan menjadi  sedekah zariyah bagi guru kami.

Jangan memilih untuk menjadi orang yang merugi dengan alasan takut tak dapat kerja, saat ini akan hilang ribuan bidang pekerjaan karena akan digantikan oleh robotic yang memang lebih produktif dari manusia. semoga kita semua mendapat keberkahan dari ALLAH Swt. (Dr.Ir.Syarifuddin,MH, Kepala Prodi Ilmu Filsafat Metafisika dan Tasawuf UNPAB)

 

 

Komentar Anda

Berita Terkini