Dandim 0204/DS Apresiasi dan Dukung Peningkatan Kualitas Wartawan dalam Pemberitaan Terkait Anak...

/

/ Kamis, 13 Oktober 2022 / 21.30 WIB

Dandim 0204/DS Letkol Czi Yoga Febrianto menerima audiensi Panitia Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deliserdang. [P4/ist]

L.Pakam, PILAREMPAT.com - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto mengapresiasi dan mendukung upaya peningkatan kualitas wartawan dalam pemberitaan khususnya terkait anak melalui seminar sehari wartawan ramah anak Kabupaten Deliserdang yang akan dgelar 26 Oktober 2022 mendatang.

“Intinya kami menyambut baik dan tentu sangat mendukung. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kualitas wartawan semakin baik,” ucap Dandim 0204/DS saat menerima audiensi Panitia Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deliserdang di ruang kerjanya Makodim 0204/DS, Jalan Besar Galang-Lubukpakam, Kamis (13/10/2022).

Pemberitaan terhadap anak sudah semestinya menjadi lebih baik sesuai prinsip pemberitaan ramah anak (PRA). Sebab berita negatif yang terus-menerus terhadap seorang anak terlebih dilakukan secara masif akan berdampak negatif terhadap anak.

Dandim juga memaparkan fakta, ketika anak turut menjadi korban pemberitaan kejahatan yang dilakukan orang tuanya. Padahal kejahatan yang dilakukan itu pelakunya orang tua, tapi justru anak menjadi korban dari pemberitaan karena anak turut dikaitkan.

“Bukan saja kejahatan pada anaknya saja, tapi juga orang tua (pelakunya) pasti berdampak juga pada anaknya. Karena berita yang terus menerus pasti akan berdampak terhadap anak,” papar Dandim.

Terkait dengan seminar sehari wartawan ramah anak Kabupaten Deliserdang yang digagas kolaborasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Dandim sangat mendukung dan berharap semakin meningkatkan kualitas serta profesional wartawan khususnya terkait pemberitaan ramah anak.

Tingkatkan Kapasitas

Sebelumnya Ketua Panitia Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deliserdang, Amirul Khair memaparkan, salah satu tujuan kegiatan untuk memfasilitasi para wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Deliserdang dalam peningkatan kapasitas wawasan serta pemahaman pemberitaan ramah anak.

Peserta seminar sehari tersebut dibatasi maksimal 70 wartawan demi efektivitas pelaksanaan serta jangkauan pihak panitia dalam mengakomodir akomodasi peserta sesuai kemampuan.

“Peserta hanya 70 wartawan saja. Pembatasan ini demi efektiviitas kegiatan dan kemampuan panitia dalam menjangkau dan memfasilitasi akomodasi peserta,” terang Amirul yang turut didampingi Wakil Sekretaris Panitia Muhammad Habil Syah.

Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang bersama Ketua Komnas PA Junaidi Malik menjelaskan, kolaborasi antara PWI dengan Komnas PA Deliserdang menggelar seminar sehari sebagai bagian dari komitmen untuk turut memfasilitasi wartawan yang belum ramah anak dalam pemberitaan.

“Kita masih melihat banyak fakta di lapangan, wartawan ketika memberitakan anak belum ramah anak,” ujar Lisbon.

Dalam seminar tersebut, akan ada deklarasi bersama wartawan ramah dan diharapkan akan lahir semacam komunitas atau kelompok kerja wartawan ramah anak yang selanjutnya akan menyebarkan virus “wartawan ramah Anak” kepada wartawan lainnya yang belum bisa ikut dalam seminar tersebut. 

Baik PWI dan Komnas PA Deliserdang berharap dukungan Dandim 0204/DS Letkol Czi Yoga Pebrianto yang turuti didampingi Kasdim Mayor Inf T M Panjaitan sehingga seminar sehari yang pertama kali digelar dalam sejarah berdirinya PWI di Sumut ini bisa berjalan lancar dan sukses. [P4/rel]

Komentar Anda

Berita Terkini