Bupati Samosir Serahkan Bantuan Bibit dan Pupuk

/

/ Jumat, 21 Oktober 2022 / 19.29 WIB

Samosir,PILAREMPAT.COM - Bupati Samosir serahkan bantuan berupa Bibit dan Pupuk yang bersumber dari APBD Samosir, APBD Provsu dan APBN TA. 2022. Penyerahan dilaksanakan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Jumat (21/10/2022), Samosir.


Turut hadir dari Tim Martin Manurung Center yakni Sahrochel M. Tamba bersama tim, Kadis Kominfo, Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian serta para PPL Pertanian juga perwakilan Kelompok Tani penerima bantuan.


Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Samosir Tumiur Gultom, menyampaikan bantuan pertanian yang diserahkan adalah Benih Padi Non Hibrida sebanyak 12.500 Kg serta Dolomit sebanyak 336,9 Ton yang bersumber dari APBD TA. 2022. Jumlah 900 Batang Bibit Cengkeh, Pupuk NPK sebanyak 1.800 Kg bersumber dari dana APBD Provsu TA. 2022.



Selanjutnya, Pupuk Hayati Cair sebanyak 320 L, Pupuk Organik Cair sebanyak 320 L, Pupuk NPK sebanyak 6.000 Kg dari dana APBN Ditjen Hortikultura TA. 2022 melalui koordinasi dengan Anggota DPR RI Martin Manurung.


Lebih lanjut dia, bahwa penyerahan bantuan pertanian ini berupa bibit dan pupuk sebagai upaya peningkatan produktifitas pertanian sehingga tercapai kesejahteraan petani, kususnya petani. Para Kelompok Tani penerima bantuan yakni poktan yang sebelumnya sudah memberikan ajuan dan pendampingan dari Dinas Ketapang dan Pertanian, termasuk penerima Bibit Cengkeh adalah kelompok tani yang daerahnya memiliki sejarah unggulan penghasil cengkeh, maka pemberian bantuan bibit cengkeh ini adalah untuk upaya revitalisasi dan replanting komoditas Cengkeh melalui pendampingan Dinas Ketapang dan Pertanian.


Bupati Samosir dalam arahan menyampaikan bantuan yang diserahkan hari ini bersumber dari dana APBD Samosir, APBD Provsu dan APBN Kementerian Pertanian berkat pendampingan dari Anggota DPR RI Martin Manurung.


“Inilah bentuk sinergitas antara pemerintah daerah, provinsi dan pemerintah pusat yang selama ini kami bangun. Secara khusus saya sampaikan terima kasih kepada Anggota DPR RI Martin Manurung bersama tim bersama pendamping sehingga bantuan ini dapat kita terima”, tuturnya.


Kepada Kelompok Tani penerima berharap agar bantuan disampaikan kepada seluruh anggota kelompok serta di manfaatkan sebaik mungkin dan jangan di perjual belikan.


“Kami minta kepada petugas PPL agar sungguh-sungguh mendampingi kelompok tani melaksanakan budidaya guna mendukung pelaksanaan program serta kegiatan pertanian di Samosir, sehingga tercapai peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani”, umgkapnya.


Sementara Kelompok Tani Satolop Desa Tamba Dolok, Sahat Rajagukguk menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Samosir, Pemprovsu, Pemerintah Pusat dan Anggota DPR RI beserta tim atas segala upaya sehingga penyerahan bantuan ini dapat terlaksana.


“Terima kasih telah memperjuangkan kami para petani dan siap mendukung seluruh program yang dilaksanakan oleh pemerintah khususnya dalam bidang pertanian”, tutupnya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini